Yang Perlu Diperhatikan Pada Kehamilan Pasca Keguguran

Mengalami keguguran tentulah bukan menjadi suatu hal yang diinginkan. Anak yang diharapkan dapat dilahirkan dengan sehat dan normal, ternyata harus meninggal ketika masih di dalam perut ibu. Sebagian orang tua pasti segera ingin mempunyai bayi lagi setelah keguguran. Ibu pun juga ingin segera hamil lagi pasca keguguran. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada kehamilan pasca keguguran.

Hamil setelah keguguran haruslah diperhatikan dengan saksama. Karena ada hal yang tidak biasa di dalam kehamilan ini, terlebih ketika keguguran semula mengakibatkan si wanita harus dikuret. Proses kuret yang dilakukan pasti menyebabkan beberapa pengaruh pada rahim si ibu.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada kehamilan pasca keguguran.

  • Menunggu beberapa waktu untuk kemudian hamil lagi
    Banyak yang menyarankan untuk menunda kehamilan pasca terjadi keguguran. Karena sebagian besar dari keguguran pasti disertai dengan adanya kuret. Untuk itu, pasti di dalam rahim akan terdapat luka seperti halnya seorang yang baru melahirkan. Bahkan secara standard WHO, menyarankan untuk menunda paling tidak selama enam bulan.
    Namun memang tak harus selama itu atau lebih lama dari itu. Bahkan ada beberapa penelitian yang menyatakan justru ibu yang menunda lebih lama dari masa itu akan memiliki peluang lebih besar untuk keguguran lagi.
    Jadi, memang harus menunggu selama beberapa waktu untuk akhirnya hamil lagi. Hal ini untuk memberikan waktu bagi rahim untuk dapat memulihkan kedaannya seperti sedia kala sehingga sudah berada di kondisi yang siap dan tepat untuk dapat ditempeli lagi embrio atau janin.
  • Menjaga keadaan diri si ibu
    Keguguran pasti dikarenakan oleh sebab tertentu. Untuk itu, ibu dan juga ayah harus dapat meneliti akibat keguguran dari kehamilan sebelumnya. Sehingga keadaan ibu pada saat hamil berikutnya pasca keguguran dapat lebih dijaga lagi, terutama dari penyebab yang dapat membuat keguguran kembali.
  • Menjaga psikis ibu
    Setelah terjadi keguguran tentunya ada trauma yang terjadi pada sang Ibu. Disadari atau tidak hal ini juga harus diperhatikan agar sang Ibu memiliki kesiapan secara mental menghadapi kehamilan berikutnya. Ketakutan akan terjadi keguguran kembali harus dihilangkan, suami sangat berperan penting untuk menumbuhkan rasa percaya sang Ibu kembali.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada kehamilan pasca keguguran. Semuanya butuh proteksi dan perawatan yang lebih dibandingkan dengan kehamilan pada umumnya.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document