Yang Perlu Diketahui Tentang Kontrasepsi Hormonal Untuk Wanita

Saat ini, kontrasepsi hormonal telah menjadi metode yang sangat terkenal untuk mengendalikan proses kelahiran yang  terjadi di banyak wanita. Bahkan secara luas diakui sebagai teknik yang populer dan paling efektif untuk mengendalikan kesuburan dan juga mencegah kehamilan terjadi. Dengan demikian, artikel ini akan berfokus pada segala sesuatu mengetahui kontrasepsi hormonal untuk wanita.

Teknik-teknik kontrasepsi hormonal biasanya akan mengacu pada metode pengendalian kelahiran terutama pada sistem endokrin. Ada beberapa jenis kontrasepsi hormonal yang dapat dipilih, antara lain:

Pil KB

Pil KB juga disebut kontrasepsi oral. Pil terdiri dari dua jenis. Pil yang hanya mengandung progestin yang disebut “mini pil “. Pil ini bekerja dengan  cara tidak memungkinkan sperma untuk mencapai rahim. Bahkan jika telur berhasil dibuahi, pil ini mencegah implantasi.

Ada juga pil yang mengandung hormon estrogen dan progestin yang disebut pil kombinasi. Pil ini juga mempengaruhi kondisi rahim dengan cara yang sama tapi karena mengandung estrogen, maka mampu mencegah pelepasan sel telur .

Pil dikemas dalam paket 28 hari atau dalam paket 21 hari. Pil efektif untuk satu siklus menstruasi yaitu selama empat minggu saja. Pil hanya berisi 21 pil aktif.. Jika minum pil setiap hari pada waktu yang sama, maka pil ini akan bekerja dengan efektif.

Cincin Vagina

Merupakan cincin fleksibel tipis yang dilapisi dengan hormon estrogen dan progestin. Cincin ini dimasukkan ke dalam vagina untuk mencegah dan mengontrol kehamilan.  Cincin secara langsung memasok hormon ke organ yang membutuhkan. Untuk menggunakannya, lima hari dari periode menstruasi, cincin harus dimasukkan. Jika terpasang dan digunakan dengan benar, cincin vagina memilki tingkat keefektifan lebih dari 90%.

Suntik

Adalah suntikan yang dapat mencegah kehamilan. Ada 2 jenis suntikan yaitu yang hanya berisi progestin, digunakan 3 bulanan. Ada juga yang memilki estrogen dan progestin dan digunakan secara bulanan. Hanya perawat yang terlatih  atau dokter yang dapat menyuntikkannya. Kontrasepsi hormonal ini memiliki tingkat kegagalan sekitar 3% .

Saat ini, banyak wanita yang menggunakan kontrasepsi hormonal untuk membantu kesuburan serta mencegah kehamilan terjadi. Kontrasepsi hormonal juga membantu mengobati endometriosis serta membantu menyingkirkan gejala pra menstruasi parah. Namun, produk ini tidak membantu untuk mencegah salah satu bentuk PMS atau penyakit menular seksual.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document