Waspadai Bahaya Di Lingkungan Warnet

Seperti yang kita ketahui, jaman sekarang dunia internet telah menjadi sarana untuk berkomunikasi dan ajang mencari informasi, bahkan sebagai sarana hiburan. Mulai dari tempat mencari data untuk para pelajar mengerjakan tugasnya, tempat mencari informasi suatu produk, ajang sosialisasi dengan dunia luar seperti Facebook atau Twitter, bahkan sebagai tempat mencari hiburan seperti bermain game.
Internet yang lebih kondang sekarang disebut Dunia Maya, menyediakan begitu banyaknya fasilitas, mulai dari untuk anak-anak sampai orang dewasa. Bahkan sampai melebihi dari yang kita bayangkan jika kita melakukan pencarian yang lebih mendetil. Bahkan internet menjadi tempat untuk mencari uang dengan cara menggunakan fasilitasnya untuk berjualan, yang namanya Online Shoping.

Begitu digandrunginya dan digunakan internet sekarang, menjadi suatu keharusan seseorang untuk berhubungan dengan internet. Entah itu dibuka secara pribadi dari komputer pribadi atau pergi ke tempat-tempat yang menyediakan fasilitas Internet. Tempat yang menyediakan fasilitas internet umumnya kita temukan namanya Warung Internet atau biasa disingkat WARNET. Begitu menjamurnya warnet diseluruh Indonesia, bahkan menjadi sumber keuntungan yang sangat menjanjikan

Kemungkinan Adanya Ancaman Bahaya Di Warnet

Warnet dibentuk karena keinginan masyarakat yang sudah mulai menyadari pentingnya ber-internet. Bisa dilihat dari ramainya warnet dikunjungi orang-orang untuk menggunakan fasilitasnya dalam rangka mengakses internet. Saking banyaknya orang yang berkunjung ke warnet, maka kemungkinan adanya bahaya di lingkungan itu, sangatlah perlu diwaspadai.
Bahaya di lingkungan warnet ditinjau dari para pengunjungnya misalnya pencuri, orang yang sudah mengkonsumsi minuman keras, anak-anak geng yang suka usil, bahkan bisa juga ada psikopat yang berkeliaran.
Sangatlah disarankan orang tua agar memperhatikan anak-anak yang suka bermain di warnet, apalagi warnet yang tidak familiar dengan masyarakat. Baiknya kalau anak-anak kita bermain warnet selalu kita ingatkan untuk tidak gampang mengikuti orang asing yang sok akrab, ataupun berpura-pura kasih petunjuk. Selalu tanyakan pada penjaga warnet. Dan lakukan jam bermain bagi anak-anak kita. Janganlah hanya dibiarkan saja pergi ke warnet sampai tidak tahu selesainya jam berapa.

Alangkah baiknya jika pemilik warnet sampai penjaga warnet kita kenal atau familiar dengan kita, jadi bisa dikontrol keadaan anak pada saat berada di warnet. Penulis mempunyai anak yang suka selalu bermain warnet, untungnya pemilik warnet masih punya hubungan keluarga dengan penulis, jadi bisa selalu dikontrol dan minta tolong penjaga warnetnya untuk memperhatikan anak tersebut.
Memang tidak gampang melakukan penjagaan di lingkungan umum, tetap harus waspada akan kemungkinan-kemungkinan buruk. Bisa saja ada pengunjung warnet yang mengajak berkelahi atau mengganggu kenyamanan pengunjung yang lain. Belum lagi kalau ada pengunjung yang mengajarkan anak-anak untuk membuka situs porno.

Untungnya, banyak warnet yang sudah tidak memakai ruangan-ruangan pribadi per komputer, karena sudah banyak kasus penyalahgunaan ruangan pribadi di warnet. Banyak warnet yang hanya memakai pembatas saja hanya diantara fasilitas komputer, jadi sesama pengunjung masih tetap kelihatan satu sama lain. Kemungkinan terjadinya kasus-kasus aneh akan lebih terhindari.

Walaupun memang internet di jaman sekarang sangat diperlukan, tetap pelaku-pelaku didalamnya adalah manusia biasa. Tetaplah kita waspada terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi. Bijaksana dengan anak-anak kita yang suka bermain ke warnet, ingatkan selalu untuk tetap berjaga-jaga akan segala kemungkinan.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document