Waktu yang Tepat untuk Melakukan USG

Ultra Sono Graphy (USG) sudah menjadi sebuah kebutuhan primer di dunia kedokteran. USG sangat akrab dengan kehamilan. Untuk mengetahui kondisi janin di dalam kandungan termasuk melihat pergerakan janin, usia janin sampai dengan jenis kelamin dan juga kelainan yang mungkin dimiliki oleh janin, USG berfungsi vital. Waktu yang tepat untuk melakukan USG menjadi salah satu pedoman wanita hamil dalam menjalani periksa rutin kandungannya.

Tidak seperti yang dikhawatirkan oleh beberapa ibu di masa lalu, yaitu mengenai dampak buruk USG, USG ini berbeda dengan sinar rontgen yang memang memiliki daya tembus luar biasa dan mempunyai daya radiasi yang mungkin dapat membawa dampak kurang baik bagi kesehatan, USG beroperasi menggunakan tehnik suara ultrasonik. Menurut studi yang sudah pernah dilakukan, USG tidak membawa dampak yang dikhawatirkan baik bagi janin maupun buat ibu yang mengandung. Oleh karena itu kandungan dapat diperiksa melalui USG sejak usia dini guna mendeteksi ukuran, usia dan kemungkinan adanya kelainan baik pada janin maupun kandungan.

Menurut beberapa ahli obstetri dan ginekologi, memeriksakan kandungan dengan USG secara teratur dapat meminimalisasi kemungkinan bayi lahir tidak normal. Sehingga waktu yang tepat untuk melakukan USG adalah sejak usia janin masih dini dan dengan mudah melakukan tindakan jika ada masalah pada kandungan. Apabila memang ditemukan adanya abnormalitas pada janin misalnya kecacatan, maka bisa didiskusikan dengan orang tua janin, mengenai tindakan yang sebaiknya dilakukan ataupun persiapan jiwa dan mental jika memang kenyataannya janin yang dikandung bermasalah.

Bahkan kondisi mental janin seperti adanya autistik dan juga sindroma down, sudah dapat ditera melalui pemeriksaan USG. Selain itu, kehamilan bermasalah seperti hamil ektopik, abortus juga dapat diketahui melalui pemeriksaan USG.

Saat ini sudah ada USG 4 dimensi yang dapat menyaksikan bayi dalam bentuk dimensi yang lebih jelas meliputi seluruh sisi dan ruang. Menurut medis, waktu yang tepat untuk melakukan USG adalah sekitar usia dua bulan kehamilan. Pada usia ini janin sudah mulai terbentuk baik dan mampu dilihat dari gambaran USG.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document