Trimester Pertama Kehamilan

Trimester pertama kehamilan adalah masa kehamilan pada minggu pertama hingga bulan ketiga atau minggu kedua belas. Pada masa ini adalah awal terjadinya kehamilan yaitu melekatkan zigot hasil pembuahan sel telur oleh sperma di rahim ibu. Inilah yang menjadi awal terjadinya peristiwa kehamilan oleh seorang wanita.

Pada trimester pertama kehamilan ini adalah masa yang dapat dikatakan rawan. Karena pada masa ini adalah masa melekatnya dengan erat embrio di dalam rahim itu. Untuk itu, memang sangat dihindari tidak terkena goncangan atau benturan yang sangat berarti. Semuanya untuk menjaga kualitas dari rekatan embrio atau jika tidak maka embrio dapat lepas dari tempelannya di dinding rahim ibu. Inilah yang dinamakan dengan keguguran.

Pada masa ini pula, sebagian besar wanita hamil akan mengalami morning sickness. Hal ini karena sebagai wanita hamil akan dimulai untuk diproduksi semua hormon kehamilan. Ini akan meningkatkan kadar asam di dalam lambung, terutama pada pagi hari. Oleh karena itulah yang banyak menyebabkan wanita hamil sering mual dan muntah pada pagi hari.

Ciri-ciri kehamilan lainnya juga sudah ditampakan ibu pada tahap ini. Seperti sering buang air kecil, emosi yang naik turun, sering pusing atau bahkan nafsu makan menurun. Sedangkan kedaan janin pada tahapan ini berada dalam tahap pembentukan beberapa organ penting di dalam tubuhnya. Seperti halnya mara, lidah dan mulut. Juga pembentukan kepala yang akan terlihat lebih besar daripada tubuh si janin.

Jantung juga mulai dibentuk dengan bentuk yang masih sederhana serupa dengan huruf S. Sistem pencernaan, otak dan juga saraf juga mulai diproduksi pada tahapan ini. Cairan ketuban yang akan melindungi bayi selama di dalam rahim juga sudah diproduksi.

Pada akhir tahapan ini, yaitu pada minggu ke-9 sampai ke-12, embrio sudah berubah menjadi janin dengan panjang sekitar 3 cm. Jantung pun telah berkembang memiliki empat ruang. Organ juga mulai tampak. Dengan pemeriksaan USG, janin akanterlihat seperti benjolan kecil yang dilingkupi oleh cairan.

Itulah perkembangan janin pada trimester pertama kehamilan. Hal ini akan dialami oleh ibu sejak minggu pertama kehamilan sampai minggu kedua belas kehamilan.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document