Tips Merawat Bulu Kucing Agar Tidak Rontok

Tips merawat bulu kucing agar tidak rontok amatlah berguna bagi Anda yang memelihara kucing di rumah dan cukup kerepotan dengan bulu-bulu yang bertebaran di mana-mana: di sofa, karpet, keset, dan sebagainya. Perlu diketahui, secara alamiah kucing memang mengalami kerontokan rambut yang normal. Namun, jika Anda menemukan bagian yang pitak di tubuh kucing Anda, berarti kerontokan rambutnya sudah merupakan kelainan dan perlu diberi perawatan.

Pahamilah bahwa kerontokan bulu kucing sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang didapatkannya. Karenanya, untuk menghindari kerontokan, berikan kucing Anda makanan yang baik dan variatif. Memilih makanan kucing tidaklah sembarangan. Kurangi memberikan makanan kering yang dikemas dan dijual di pasaran. Sesekali berikan ia makanan alami, tak melulu yang kemasan atau kalengan. Kucing Anda pun membutuhkan makanan tinggi serat. Anda bisa mempertimbangkan untuk beralih ke makanan kucing yang organik.

Asam omega-3 amat penting bagi kesehatan kulit dan bulu kucing, maka tips merawat bulu kucing agar tidak rontok selanjutnya adalah berikan kucing Anda bahan makanan yang tinggi akan kandungan omega-3 misalnya ikan salmon. Anda juga bisa meminta suplemen omega-3 kepada dokter hewan bila dirasa perlu. Agar rasanya enak, berikan suplemen bersama bawang putih dan campurkan dengan makanan kucing Anda.

Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah rutin memeriksa kesehatan kulitnya. Letakkan kucing di atas pangkuan Anda lalu rabalah kulitnya. Apakah Anda merasakan adanya bagian kulit kucing yang terasa kering dan pecah-pecah? Jika ya, mungkin kucing Anda memiliki alergi terhadap kutu. Mandikan kucing dengan shampo anti kutu, bersihkan secara menyeluruh lalu keringkan dengan handuk. Merawat kucing sebetulnya tidaklah sulit, hanya perlu lebih teliti dan lebih selektif.

Tips merawat bulu kucing agar tidak rontok lainnya adalah menyisir bulu kucing dengan sisir khusus antikutu sebanyak 2-3 kali seminggu agar kucing Anda bebas dari gangguan hewan kecil ini. Anda pun bisa membeli sikat khusus untuk kucing. Lakukan penyikatan seminggu sekali. Penyikatan ini tak hanya mengangkat bulu mati, membersihkan kotoran dan kutu pada kulit kucing, namun juga menstimulasi peredaran darah. Sirkulasi darah yang lancar akan mendukung kesehatan pertumbuhan bulu pada kucing kesayangan Anda.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document