Tips Menghilangkan Kebiasaan Anak Isap Jempol

Tips menghilangkan kebiasaan anak isap jempol perlu untuk Bunda ketahui sejak dini agar Anda dapat segera membantu anak Anda untuk membuang kebiasaan tersebut tanpa meinimbulkan efek yang tidak mengenakkan si buah hati. Tahukan Anda bahwa bahkan ketika bayi masih di kandungan ia sudah mulai mengisap jempolnya? Ya, mengisap jempol memang merupakan insting bayi untuk membuatnya merasa nyaman. Tetapi jika kebiasaan mengisap jempol ini dibiarkan terus menerus tentu akibatnya tidak baik bagi buah hati Bunda. Lalu apa yang harus Bunda lakukan agar si buah hati berhenti mengisap kempolnya? Kapan waktu yang tepat untuk mengakhiri kebiasaan ini? Yuk, Bunda simak ulasannya berikut ini.

Berapa Lama kebiasaan Mengisap Jempol Berlangsung?

Seperti telah disebutkan di atas, mengisap adalah insting bayi untuk membuatnya merasa nyaman, salah satunya ia lakukan dengan mengisap jempol. Karena mengisap jempol membuat si buah hati nyaman, banyak yang kemudian menjadikannya sebagai  kebiasaan terutama ketika mereka merasa capek, bosan atau galau.

Pada dasarnya kebiasaan mengisap jempol masih bisa ditolerir selama si buah hati belum memiliki gigi dewasa. Umumnya kebiasaan mengisap jempol ini akan berakhir dengan sendirinya antara umur 2 hingga 4 tahun. Jika ada buah hati bunda yang di atas umur tersebut masih mengisap jempol ,biasanya kalau dia sudah sekolah akan malu terhadap teman-teman sekolahnya sehingga berhenti sendiri.

Kebiasaan ini perlu penanganan kita jika gigi dewasa sudah mulai tumbuh karena akan membuat giginya tidak rata. Selain itu, jempol si buah hati juga tidak akan tumbuh sempurna. Lalu apakah sebaiknya kebiasaan ini dihentikan saja? Sebaiknya iya. Lalu kapan waktu yang tepat? Usia sekitar 9 bulan sepertinya menjadi waktu yang tepat karena si buah hati mulai belajar banyak hal termasuk jalan, memanjat, dan kegiatan lain yang menyenangkan serta menantang mereka sehingga mereka tidak perlu mencari kenyamanan dengan mengisap jempol.

Tips Menghilangkan Kebiasaan Anak Isap Jempol

Berikut cara-cara yang bisa Bunda terapkan untuk menghentikan kebiasaan mengisap jempol ini:

  • Alihkan perhatian mereka ke kegiatan yang menarik misalnya coart-coret, bermain mainan favorit mereka dan lain-lain sehingga mereka tidak merasa bahwa bunda sedang berusaha menghentikan kebiasaan mengisap jempol si buah hati.
  • Jangan menyebutkan atau memberi perhatian pada kebiasaan ini di depan buah hati terutama jika mereka melakukannya untuk mencari perhatian.
  • Berikan ‘gesture’ khusus yang bunda dan buah hati mengerti sehingga ketika ia mulai melakukannya bunda tinggal mengingatkan dengan gesture tersebut. Hal ini untuk menghindari buah hati merasa kecil hati karena dibentuk, atau dipermalukan di depan orang lain.
  • Cari penyebabnya. Banyak hal yang membuat buah hati mengisap jempol, salah satunya adalah stres. Jika ini pemicunya bunda dapat memberikan pelukan, menenangkannya, membacakan cerita, atau memberinya bantal atau boneka kesukaan untuk dipeluk untuk mengalihkannya dari mengisap jempol.

Semoga Tips menghilangkan kebiasaan anak isap jempol di atas bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document