Tips Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Luka bakar sering menimbulkan bekas luka tak sedap dipandang.
Kulit terbakar menghasilkan pengalaman traumatis yang cepat dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. Luka bakar biasanya menyebabkan pembentukan bekas luka konstriktif, sedangkan luka bakar yang parah menyebabkan hilangnya jaringan, otot dan tulang.

Tips berikut untuk pengobatan pertolongan pertama untuk luka bakar :

  • Dinginkan area yang terbakar dengan air. Jika area yang terbakar adalah di tempat yang rumit , sehingga sulit untuk menempatkan di bawah air mengalir, maka daerah yang terbakar direndam dalam air.
  • Lindungi daerah yang terbakar, gunakan perban steril untuk menutupi area yang terbakar.
  • Mengurangi nyeri dengan meminum obat penahan nyeri.

Jika luka bakar telah dirawat dengan baik, sekarang saatnya untuk mulai berurusan dengan bekas luka bakar.
Luka bakar ringan biasanya akan menyebabkan beberapa tingkat perubahan warna tapi tidak luka. Luka bakar ringan ini dapat dilakukan pengobatan teratur pemutihan kulit, pengelupasan ringan, atau microdermabrasion secara bertahap untuk meringankan dan memperbaiki penampilan/tanda gelap.

Luka bakar yang parah pasti akan menyebabkan masalah jaringan parut yang tidak sedap dipandang seperti bekas luka keloid, bekas luka hipertrofik, atau membakar kontraktur (deformitas). Untuk ini, seorang ahli bedah plastik mungkin harus menggunakan prosedur yang lebih invasif seperti suntikan kortison, bekas luka eksisi, operasi laser, pencangkokan kulit, bedah kulit atau z – plasty.
Pilihan penghapusan bekas luka dengan eksisi hanya mungkin pada bekas luka kecil sementara terapi laser akan bekerja pada semua jenis bekas luka.

Ada juga banyak produk perawatan kulit yang dapat digunakan untuk memudarkan atau meratakan bekas luka bakar, namun sebaiknya meminta rekomendasi dokter kulit (dermatologist) tentang produk apa saja yang efektif untuk menghilangkan bekas luka. Mederma, misalnya, adalah gel topikal yang banyak digunakan spesialis kulit untuk kasus jaringan parut .
Selain pengobatan kimia, ada juga banyak pengobatan rumah sederhana yang dapat membantu memperbaiki penampilan bekas luka bakar dari waktu ke waktu.

 

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document