Tips Menghemat Pemakaian Listrik

Pepatah jaman dulu mengatakan hemat pangkal kaya. Sampai sekarang pun pepatah itu masih berlaku. Terlebih lagi saat harga-harga merambat naik seperti saat ini. Mau tidak mau banyak orang berusaha mengencangkan ikat pinggang. Berhemat.

Pemakaian listrik sehari-hari termasuk bagian yang perlu dihemat penggunaannya. Hampir seluruh kegiatan sehari-hari tak lepas dari penggunaan listrik. Mulai dari menyetrika pakaian, menggunakan penyejuk ruangan, hingga menikmati hiburan dari televisi. Menghemat penggunaan listrik jelas dapat menurunkan anggaran biaya rumahtangga.

Tips berhemat listrik yang pertama adalah matikan lampu dan alat elektronik lainnya bila tidak digunakan. Artinya jangan membiarkan alat-alat listrik tetap menyala terus menerus. Mematikan lampu saat meninggalkan ruangan contohnya, bisa menghemat tagihan listrik agar tidak melonjak. Begitu pula dengan segera mematikan lampu di luar rumah saat matahari mulai terbit. Menggunakan alat untuk mematikan lampu secara otomatis juga bisa membantu menghemat penggunaan listrik.

Begitu pula televisi. Menyalakan televisi sepanjang malam selain membuat tagihan listrik naik juga membuat televisi lebih cepat rusak. Untuk mematikan televisi tekan tombol power dan cabut kabel televisi. Jangan membiarkan televisi pada mode standby. Karena mode standby tetap memerlukan listrik, walaupun kecil.

Tapi lain dengan AC atau alat penyejuk ruangan. AC perlu dimatikan bila ruangan tidak digunakan dalam waktu yang lama. Bila ingin meninggalkan ruangan sebentar saja, maka AC tak perlu dimatikan. Karena justru pada saat pertama kali AC dinyalakan saat itulah akan menyedot banyak energi listrik.

Tips berhemat listrik lainnya berhubungan dengan aneka gadget yang digunakan sehari-hari. Perhatikanlah waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai handphone atau laptop. Segera mencabut kabel setelah baterai terisi penuh supaya baterai tetap awet dan tagihan listrik pun tak melonjak.

Menyetrika baju dalam jumlah banyak akan menghemat penggunaan listrik. Siapkanlah baju-baju yang akan disetrika terlebih dulu. Hingga proses menyetrika bisa lebih cepat. Suhu setrika bisa diatur agar tetap optimal, hingga tagihan listrik hemat, baju pun tetap awet.

Berbagai tips berhemat listrik di atas menjamin tagihan listrik takkan melonjak.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document