Tips Menghadapi Pertanyaan Interview Kerja

Interview atau wawancara pekerjaan merupakan rangkaian penting dalam proses terakhir penerimaan atau seleksi calon karyawan. Kesalahan dalam menjawab pertanyaan yang diajukan akan berpotensi memperkecil peluang diterimanya menjadi seorang karyawan, apalagi jika perusahaan yang hendak dilamar merupakan perusahaan besar yang sangat potensial untuk kelangsungan masa depan. Persiapkan mental terlebih dahulu dan lakukan survey mengenai lokasi perusahaan agar tidak terlambat. Keterlambatan dalam memenuhi undangan wawancara akan berpengaruh pada penilaian. Kenali dengan benar kiat dan tips menghadapi pertanyaan interview kerja agar resiko kegagalan bisa diperkecil.

 

Kiat Dan Tips

Berikut beberapa kiat dan tips menghadapi pertanyaan interview kerja sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Percaya diri. Jawab semua pertanyaan yang diajukan dengan penuh kepercayaan diri. Keragu-raguan dalam menjawab pertanyaan merupakan suatu poin negatif yang akan segera diketahui oleh pewawancara. Lebih baik berpikir beberapa detik terlebih dahulu sebelum menjawab pertanyaan daripada segera menjawab dengan terlalu banyak kata mmm atau bergumam. Apalagi jika posisi lowongan pekerjaan yang hendak dilamar adalah sebagai leader yang memiliki bawahan.
  2. Tegas. Jawab pertanyaan dengan tegas, lugas dan apa adanya tanpa terlalu bertele-tele. Jawaban diplomatis mungkin diperlukan, tetapi hendaknya jangan terlalu berputar-putar. Menjawab pertanyaan dengan tegas merupakan suatu poin tersendiri karena dianggap mengetahui kemampuan dan kemampuan dalam mengambil suatu keputusan.
  3. Sok tau. Boleh saja memberikan suatu jawaban mengenai opini atau pendapat, namun hindari jawaban yang mengesankan sok tau ataupun menggurui, apalagi jika sampai membanding-bandingkan kemampuan yang dimiliki dengan orang lain. Hal ini bisa saja mengurangi poin penilaian karena dianggap tidak bisa bekerjasama dalam satu kesatuan tim.
  4. Hindari jawaban negatif. Menghindari jawaban negatif seperti tidak tahu atau entahlah merupakan salah satu tips menghadapi pertanyaan interview kerja yang sebaiknya dihindari. Akan lebih baik apabila menjawab secara diplomatis bahwa hal tersebut merupakan hal baru dan siap belajar mengatasi permasalahan yang ada.
  5. Waspada jebakan. Jebakan yang paling sering dilakukan adalah permasalahan gaji atau penghasilan. Apabila jawabannya terlalu tinggi, maka pasti dianggap bahwa terlalu mengukur berlebihan, sedangkan apabila terlalu rendah pastinya juga akan merugikan diri sendiri. Akan lebih baik apabila dijawab balik dengan melemparkan pertanyaan seperti “maaf, berapakah standar penghasilan yang akan diberikan perusahaan untuk posisi dan ketrampilan saya? “. Jawaban diplomatis seperti ini dirasakan lebih tepat daripada menentukan standar gaji sendiri.
  6. Ucapan terima kasih. Ucapkan juga rasa terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk melakukan proses wawancara yang sangat berharga dan jarang sekali didapatkan.

Demikianlah beberapa kiat dan tips menghadapi pertanyaan interview kerja yang kiranya bisa dijadikan pertimbangan. Satu hal penting yang hendaknya dilakukan adalah lakukan jabat tangan, baik sebelum melakukan proses wawancara atau setelahnya. Jabat tangan bisa diartikan sebagai suatu tindakan yang menghargai kesopanan dalam dunia kerja. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document