Tips Menghadapi Anak Yang Takut Bunyi Petasan

Anak dapat tumbuh dengan ketakutan terhadap beberapa hal yang terkadang dianggap wajar oleh orang dewasa. Phobia-phobia masa kanak-kanak dapat berkembang sampai masa dewasanya kelak. Ada anak yang takut dengan air, takut binatang tertentu, bahkan tidak sedikit anak yang takut terhadap cahaya. Berikut akan kita bahas mengenai anak yang takut terhadap suara petasan serta tips menghadapi anak yang takut pada bunyi petasan.

Mungkin bagi orang tua, bunyi petasan hanya memekakkan telinga. Namun seorang anak kecil memiliki memori yang cukup kuat terhadap sebuah kejadian. Jika anak pernah mengalami kejadian kurang menyenangkan terhadap petasan, misalnya kaget dilempar petasan oleh temannya, tangan pernah terbakar ketika memainkan petasan ataupun sekedar ditakut-takuti oleh orang lain terkait petasan dan bisa juga sang anak takut terhadap suara keras, maka berikut cara menghadapinya.

  1. Coba menyampaikan kepada anak mengenai apa itu petasan dan mengapa bisa berbunyi meledak. Perlu pula disampaikan kepada anak, bahwa petasan memang berbahaya dan tidak baik untuk dijadikan alat mainan, namun jika kita hanya mendengar saja, maka petasan tersebut tidak membahayakan.
  2. Orang tua perlu mendampingi anak ketika anak ketakutan, kemudian memberinya rasa nyaman, mungkin dengan merangkul, membelai ataupun memeluknya sembari member tahu bahwa petasan jika hanya didengar suaranya saja tidaklah berbahaya.
  3. Jika anak tetap takut, coba alihkan dengan permainan menyenangkan, menonton pertunjukan kesukaannya dan lain sebagainya hingga dia lupa terhadap rasa takutnya.
  4. Orang tua jangan ikut panik ataupun takut ketika mendengar bunyi petasan. Ada kalanya ketakutan anak mengikuti rasa takut orang tuanya.
  5. Tips menghadapi anak yang takut pada bunyi petasan  lainnya adalah berusaha untuk menunjukkan mengenai awal mula adanya petasan, dan juga menganalogikan dengan suara-suara keras lain yang anak tidak merasa takut sehingga ketika anak mendengar suara petasan anak akan menyamakan suara tersebut dengan suara keras lainnya sehingga anak tidak menjadi takut lagi.

Demikian tips menghadapi anak yang takut pada bunyi petasan, semoga bermanfaat khususnya bagi anda yang memiliki anak takut terhadap suara petasan.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document