Tips Mencari Lowongan Pekerjaan

Pasca menyelesaikan suatu jenjang pendidikan tertentu, pastinya calon angkatan kerja akan memiliki kebimbangan dalam mencari dan menentukan jenis atau lingkup pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan keahlian ataupun kemampuan yang dimiliki ketika menempuh pendidikan sebelumnya. Kebimbangan dan kebingungan ini sepertinya beralasan, karena pada saat sekarang sepertinya jumlah antara lulusan pendidikan dengan jumlah lowongan pekerjaan yang ada sangat tidak sebanding. Oleh karena itu, membekali diri dengan ketrampilan atau keahlian tambahan sepertinya bisa menjadi nilai tambah dalam persaingan memperebutkan lowongan pekerjaan yang ada. Bagaimanakah kiat dan tips mencari lowongan pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki?

Kiat Dan Tips

Berikut beberapa kiat dan tips mencari lowongan pekerjaan sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Sesuaikan. Sesuaikan terlebih dahulu antara persyaratan yang diminta dengan kemampuan yang dimiliki, termasuk diantaranya jenjang pendidikan dan lingkup jurusan yang diminta dan yang dikuasai. Inilah yang menjadi point penting dalam mencari lowongan pekerjaan. Hindari mencari lowongan pekerjaan yang tidak sesuai dengan persyaratan yang diminta karena akan memperbesar potensi penolakan saat dilakukan screening atau penyaringan dan seleksi.
  2. Gethok tular. Gethok tular atau informasi dari mulut ke mulut merupakan salah satu cara yang bisa dipertimbangkan dalam mencari lowongan pekerjaan, asalkan informasi yang disampaikan sangat jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.
  3. Media cetak. Selain informasi dari mulut ke mulut, mencari informasi lowongan pekerjaan lewat media cetak seperti koran ataupun tabloid juga bisa dipertimbangkan. Namun demikian, pertimbangan pemilihan media cetak yang terkemuka atau bonafide agar lingkup lowongan pekerjaan yang ditawarkan bisa dipertanggungjawabkan.
  4. Media elektronik. Selain media cetak, media elektronik lain seperti radio ataupun televisi juga merupakan salah satu tips mencari lowongan pekerjaan yang bisa dilakukan. Bahkan di kota-kota tertentu, terdapat suatu stasiun radio yang selalu mengumumkan daftar lowongan pekerjaan yang tersedia dalam suatu tempat lengkap dengan persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon karyawan.
  5. Internet. Internet juga merupakan salah satu tempat yang tepat dalam mencari lowongan pekerjaan, bahkan beberapa blog ataupun web tertentu menyediakan jasa pemasangan iklan lowongan pekerjaan. Pastikan bahwa alamat perusahaan yang mencari karyawan juga jelas.
  6. Kursus. Berbagai lembaga kursus keahlian baik nonformal ataupun informal seperti kursus komputer, bahasa inggris ataupun akuntansi biasanya menjalin kerjasama dengan perusahaan tertentu, sehingga memudahkan dalam perekrutan calon karyawan. Tidak ada salahnya jika sesekali mengikuti kursus nonformal agar bisa memperbesar peluang mencari pekerjaan. Sebagian besar kursus nonformal atau informal ini merupakan lembaga kursus pasca sekolah menengah.

Satu hal penting yang sepertinya bisa dipertimbangkan dalam tips mencari lowongan pekerjaan yang tepat adalah menawarkan diri. Mungkin cara ini sangat tidak lazim, namun tidak ada salahnya menawarkan diri untuk mencari posisi yang tepat sesuai dengan keahlian yang dimiliki dengan menggunakan media cetak. Namun demikian, cara ini akan lebih efektif apabila memiliki keahlian dan pengalaman yang bagus serta mumpuni sesuai dengan bidang pekerjaan yang ditekuni. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document