Tips Memilih Warna Lipstick Untuk Kulit Gelap

Sejak ratusan tahun yang lalu, lipstick memegang peranan penting dalam dunia kecantikan wanita. Berabad lalu Ratu Cleopatra dari Mesir yang sangat peduli dengan kecantikannya, membuat pewarna bibir dari sejenis kumbang yang dihancurkan. Di Inggris, lipstick mulai dikenal di abad 16, merupakan campuran cairan lilin lebah dan sulphida merkuri merah. Seiring berkembangnya industri hiburan, bibir merekah berlipstick (khususnya warna merah) menjadi simbol kecantikan wanita terutama wanita kulit putih.

Dunia semakin berkembang, kesetaraan ras semakin merata. Tak hanya wanita berkulit putih, semua wanita di berbagai belahan dunia menggunakan lipstick sebagai salah satu senjata andalan kecantikan. Tentu saja, dengan warna kulit yang berbeda, efek warna lipstick yang ditimbulkan juga berbeda. Perempuan berkulit gelap, coklat, kuning dan putih memerlukan warna yang sesuai dengan warna dasar masing-masing untuk menampilkan kecantikan yang optimal. Diperlukan tips khusus dalam memilih warna lipstick yang sesuai.

Di Indonesia, hampir separuh perempuan mempunyai kulit coklat mengarah ke coklat gelap, seperti dijumpai pada orang Jawa, Bali dan Indonesia Timur. Sisanya cenderung berkulit kekuningan.  Warna lipstik apakah yang sesuai untuk perempuan Indonesia yang berkulit gelap? Warna lipstik apakah yang sebaiknya dihindari perempuan berkulit gelap? Berikut ini adalah tips memilih warna lipstick untuk perempuan berkulit gelap.

Warna dan jenis lipstick yang disarankan

Warna-warna hangat, yaitu warna merah cabai – orange – coklat sangat disarankan untuk perempuan berkulit gelap.

  • Merah.  Merah akan sangat seksi dan menjadikan kulit terlihat lebih bersih, gigi juga terlihat lebih putih. Pilihlah warna merah cabai.
  • Orange. Warna orange akan mengangkat warna alami wajah menjadi lebih sehat, cantik dan bersinar. Orange yang dipilih bisa merah bata sampai ke arah warna peach.
  • Coklat.  Warna kecoklatan sangat cocok dipakai jika anda menghendaki make up natural. Pilihlah warna coklat nude yang matte.
  • Pink. Tetap ingin memakai pink? Sah saja, tapi pilih merah muda yang kecoklatan, bukan baby pink atau pink keunguan. Tips mudah untuk memilih merah muda yang sesuai adalah : perhatikan saat anda memakan makanan yang pedas, amati warna kemerahan alami yang muncul di bibir anda, itulah merah muda yang paling sesuai untuk anda.

Jenis lipstick yang dipilih sebaiknya creamy atau matte. Hindari glitter. Jika memang menghendaki kerlip di bibir untuk keperluan pesta, pilihlah warna keemasan.

Warna dan jenis lipstick  yang tidak disarankan

Warna dingin, sangat tidak disarankan untuk perempuan berkulit gelap. Warna apa sajakah itu?

  • Pink. Pink yang seperti warna Barbie, apalagi yang shocking pink atau electric pink, sebaiknya dihindari.
  • Ungu. Ungu tidak disarankan di make up harian, apalagi untuk perempuan berkulit gelap. Pemakaian warna ungu membuat kulit terlihat lebih gelap.

Lipstick dengan glitter berwarna silver atau keperakan adalah jenis lisptick yang sebaiknya dihindari. Glitter ini membuat kulit anda terlihat kusam.

Demikianlah tips memilih lipstick bagi kulit gelap. Anda, yang berkulit gelap, sudah siap mempercantik diri dengan lipstick?

 

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document