Tips Memilih Makanan Kucing yang Tepat

Bagi para pecinta kucing, tentunya sangat menginginkan kucing Anda selalu sehat, bukan? Salah satu cara menjaga kesehatan kucing yaitu dengan memilih makanan yang berkualitas. Pada dasarnya pola makan kucing akan terbentuk sesuai dengan makanan yang biasa diberikan tuannya. Berikut ini adalah tips memilih makanan kucing yang tepat.

Dalam tips memilih makanan kucing yang tepat, pertama-tama Anda harus memperhitungkan usia kucing, berat badan, tingkat aktivitasnya, serta riwayat kesehatannya. Makanan untuk anak kucing tentunya berbeda dengan kucing dewasa, demikian juga kucing yang sedang hamil dan menyusui membutuhkan protein yang lebih dibandingkan kucing pada umumnya.

Kucing merupakan hewan karnivora, sehingga mereka lebih membutuhkan protein hewani dibandingkan karbohidrat. Oleh karena itu, saat memilih makanan kucing, periksa komposisi bahan bakunya. Pastikan bahwa makanan kucing memiliki bahan utama berupa daging (ayam, sapi, domba, atau ikan), dan bukan sumber karbohidrat seperti beras, jagung, atau tepung gandum. Jangan lupa menyediakan air matang untuk minum, agar kucing terhindar dari penyakit ginjal. Makanan basah atau kaleng lebih baik daripada makanan kering, karena mengandung air.

Hindari memberi kucing makanan yang mengandung bahan-bahan by-product, seperti sisa-sisa olahan ayam (tulang, jeroan, ceker), sisa-sisa tubuh dari rumah pemotongan hewan, atau bahkan daging binatang yang mati dieuthanasia. Hindari juga makanan kucing yang mengandung bahan pengawet, karena bisa mengakibatkan kanker. Periksa kemasan makanan kucing, pilihlah makanan kucing yang mencantumkan dan menjamin produknya mengandung bahan-bahan alami. Bila perlu, diskusikan dengan petshop atau pembiak kucing mengenai jenis dan merek yang baik untuk diberikan pada kucing.

Salah satu tips memilih makanan kucing yang tepat yang sering dilupakan adalah masalah biaya. Anda memang seharusnya memberi kucing Anda makanan yang berkualitas, namun harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda, jangan sampai biaya untuk memberi makan kucing justru membebani keuangan Anda. Bila perlu, Anda bisa meracik makanan kucing sendiri di rumah yang terdiri dari nasi dengan potongan ikan, ayam, atau daging sapi yang dicampur dan diaduk. Kucing sebaiknya diberi makanan matang, supaya terhindar dari infeksi toksoplasma. Makanan racikan ini lebih segar dan lebih sehat dibandingkan makanan kering atau makanan kalengan, serta biayanya lebih murah.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document