Tips Memilih Binatang Peliharaan yang Tepat

Memiliki binatang peliharaan memang menyenangkan, namun dibalik itu terdapat banyak konsekuensi, mulai dari masalah perawatan, kesehatan, hingga masalah biaya pemeliharaan. Ikuti tips memilih binatang peliharaan yang tepat berikut ini, agar Anda bisa memilih binatang yang sesuai bagi Anda.

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam tips memilih binatang peliharaan yang tepat adalah apakah Anda atau anggota keluarga Anda memiliki waktu yang cukup untuk berinteraksi dengan binatang tersebut. Jika Anda dan keluarga tidak banyak memiliki waktu luang, pilihlah binatang yang tidak memerlukan interaksi terlalu banyak, misalnya kucing, hamster, kelinci, kura-kura, atau ikan hias. Namun jika Anda atau keluarga memiliki banyak waktu luang, Anda bisa memilih anjing, karena anjing membutuhkan banyak interaksi yang dilakukan melalui bermain atau berlatih.

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah apakah Anda memiliki ruangan yang cukup untuk memelihara binatang tersebut. Binatang seperti anjing dan kucing membutuhkan tempat yang agak luas untuk beraktivitas, seperti halaman rumah atau kebun. Jika Anda tidak memiliki tempat yang cukup luas, Anda bisa memilih hamster, kura-kura, atau ikan hias.

Pertimbangkan juga usia binatang saat mulai adopsi. Anak kucing atau anak anjing memang menggemaskan, namun seperti anak kecil, mereka masih membutuhkan perawatan dan perhatian yang ekstra, serta rentan terserang penyakit. Memelihara binatang yang sudah dewasa pun perlu pertimbangan yang matang, dan sebaiknya peliharalah binatang dewasa yang sudah terlatih agar perilakunya tidak menimbulkan masalah bagi Anda.

Jangan lupa untuk mengetahui riwayat kesehatan binatang yang akan Anda adopsi, serta apakah binatang tersebut sudah divaksinasi atau belum. Binatang yang rentan terhadap penyakit tentunya akan berpengaruh pada biaya perawatan kesehatannya. Perhitungkan juga biaya-biaya untuk makanan, latihan, serta penitipan jika Anda tidak membawa binatang tersebut saat bepergian.

Setelah memahami tips memilih binatang peliharaan yang tepat, jangan lupa untuk mendiskusikan dengan keluarga sebelum Anda memilih binatang peliharaan yang akan diadopsi. Binatang peliharaan yang dipilih sebaiknya harus disukai oleh semua anggota keluarga, jangan sampai binatang peliharaan ini menjadi sumber pertengkaran dalam keluarga karena ada yang tidak menyukainya. Perhatikan juga jika ada anggota keluarga yang alergi, jangan sampai kehadiran binatang peliharaan ini justru mengganggu kesehatannya.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document