Tips Membina Hubungan dengan Bawahan

Memimpin sebuah perusahaan dengan jumlah karyawan atau bawahan yang banyak memang tidak mudah. Pimpinan perusahaan dituntut untuk dapat membina hubungan yang baik dan bersifat positif antara pimpinan dengan bawahan atau antara bawahan dengan bawahan. Hubungan yang terjalin dengan rasa saling menghormati, akan memberikan pengaruh yang positif untuk mengembangkan suatu perusahaan. Jarang sekali disadari bahwa pimpinan tetap membutuhkan karyawan atau bawahan untuk mendelegasikan sejumlah tugas yang harus dijalankan. Pendelegasian tugas dan wewenang memang diperlukan dalam suatu organisasi modern agar dicapai efektifitas dan efisiensi, karena tidak mungkin semua hal dikerjakan sendiri oleh pimpinan. Untuk mendapatkan suatu sistem pengorganisasian atau manajemen perusahaan yang sehat dan baik, ada baiknya pimpinan perusahaan mengetahui beberapa tips membina hubungan dengan bawahan, agar tidak terjadi kesalahan pengelolaan manajemen sumber daya manusia.

Tips membina hubungan dengan bawahan, apa saja?

Berikut ini beberapa tips membina hubungan dengan bawahan, agar didapatkan situasi dan kondisi lingkungan kantor yang kondusif dan nyaman bagi semua karyawan, sebagaimana diolah dari beberapa sumber, yaitu:

  • Beri dukungan. Beri dukungan dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh karyawan atau bawahan. Dukungan dapat berupa moral ataupun material.
  • Beri apresiasi. Berikan apresiasi yang tulus, ketika bawahan/karyawan berhasil menyelesaikan permasalahan yang pelik. Apresiasi bisa berupa penghargaan, ucapan ataupun imbalan materi berupa bonus.
  • Empati. Berikan empati dalam bentuk saling pengertian, tenggang rasa dan saling menghormati, sebagai sesama makhluk individu dan makhluk sosial.
  • Pribadi dan rahasia. Ada baiknya ketika seorang karyawan melakukan kesalahan, jangan langsung menegur di depan rekan-rekan karyawan. Selain menimbulkan rasa malu, pada beberapa kasus juga dapat menimbulkan dendam. Akan lebih baik jika karyawan dipanggil menghadap kantor pimpinan dan diberikan teguran, serta bersama-sama mencari jalan keluar yang terbaik.
  • Beri kebebasan yang bertanggungjawab. Beri kebebasan pada karyawan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, namun juga tetap dilakukan pengawasan dengan cara pelaporan progress atau kemajuan.
  • Mengalah. Tidak ada salahnya sesekali mengalah pada bawahan, apabila ide atau gagasan yang dikemukakan bawahan lebih baik dari yang dimiliki pimpinan. Toh, semua yang dilakukan juga demi kebaikan dan masa depan perusahaan.
  • Meminta maaf. Tidak ada salahnya pimpinan meminta maaf kepada bawahan/karyawan, apabila pimpinan memang melakukan kesalahan. Bagaimanapun juga, pimpinan tetap manusia yang tidak terlepas dari kesalahan dan kekhilafan.

Satu hal penting lainnya yang perlu diingat adalah hendaknya  pimpinan menghindari sifat sombong dan pamer. Walaupun memiliki kedudukan yang lebih tinggi daripada bawahan, namun pimpinan juga hanyalah seorang manusia yang selayaknya tidak memiliki sifat yang hanya milik sang “Penguasa Tunggal”. Demikian beberapa tips membina hubungan dengan bawahan. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document