Tips Membersihkan Rumah Pasca Banjir

Ketika banjir sudah mulai surut, tugas berikutnya yang tidak kalah berat adalah membersihkan seluruh bagian rumah yang terendam banjir sebelumnya. Sering ditemui ketika banjir melanda, berbagai macam material seperti lumpur, kotoran manusia hingga sampah turut serta terbawa aliran banjir dan ketika banjir mulai surut, material tersebut masih tertinggal pada beberapa ruangan di dalam rumah. Apabila tidak segera dibersihkan, material yang terbawa lumpur ataupun sampah ini dan masih tertinggal pada rumah akan berpotensi menimbulkan berbagai macam penyakit seperti diare, disentri, gatal-gatal hingga leptospirosis. Agar proses pembersihan rumah ini berjalan maksimal, ada baiknya mengetahui beberapa tips membersihkan rumah pasca banjir berikut ini.

Serangkaian tips membersihkan rumah pasca banjir diantaranya adalah:

  • Boot karet
    Gunakan alas kaki atau sepatu boot yang terbuat dari karet. Selain mencegah infeksi bakteri yang masuk lewat kaki, penggunaan sepatu boot juga berguna melindungi kaki dari benda tajam membahayakan yang terbawa sampah.
  • Buang
    Segera buang material atau sampah yang sudah masuk kedalam rumah. Apabila material atau sampah yang terbawa dalam jumlah banyak, gunakan sekop atau cangkul untuk membuang material tersebut. Apabila jumlahnya sedikit dapat digunakan sapu ijuk atau sapu lidi.
  • Siram
    Siram segera setelah semua material dan sampah berhasil dikeluarkan dari rumah. Akan lebih baik apabila penyiraman menggunakan air bersih dan ditambahkan obat suci hama atau desinfektan seperti karbol agar kuman atau bakteri yang masih tertinggal segera mati atau tidak berkembang biak.
  • Keringkan
    Keringkan air bekas siraman tersebut menggunakan kain pel atau bahan lain yang mudah menyerap air.
  • Sikat
    Sikat tembok ataupun lantai yang masih terdapat noda lumpur atau sampah. Penyikatan tembok hendaknya juga menggunakan air bersih yang sudah ditambahkan desinfektan agar kuman tidak berkembang biak. Sikat juga bagian dari perabot atau furniture yang sempat terendam air banjir.

Pada intinya, serangkaian tips membersihkan rumah pasca banjir di atas berguna untuk mencegah penyebaran kuman penyakit serta membuat rumah menjadi lebih nyaman untuk ditempati. Segera lakukan tindakan pencegahan ketika banjir tidak lagi menerjang, agar ketika banjir terjadi, air tidak masuk kedalam rumah, misalnya dengan meninggikan bangunan ataupun membuat bendungan kecil pada area sekitar rumah. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document