Tips Membangun Kepercayaan Diri Pasca Perceraian

Semuanya sudah berakhir. Anda telah menandatangani surat cerai, dan hubungan bersama pasangan yang dibangun dengan penuh harapan secara resmi dibubarkan tentunya menjadi mimpi buruk bagi wanita khususnya.

Kisah perceraian setiap orang berbeda. Mungkin Anda telah menikah selama puluhan tahun, mungkin hanya satu tahun atau lebih. Mungkin Anda memiliki anak, mungkin juga tidak. Mungkin perceraian adalah ide Anda dan mungkin itu pasangan Anda, atau mungkin Anda berdua setuju pemisahan itu yang terbaik. Mungkin Anda lega, mungkin kau patah hati  atau merasakan kedua-duanya .

Bagaimanapun juga hal ini sudah terjadi, pertanyaannya sekarang  bagaimana Anda menghadapi hal ini? Dan bagaimana Anda mengetahui siapa Anda dan apa yang Anda inginkan sebagai orang yang single? Kehidupan baru yang bagaimana yang akan menanti Anda?

Berikut adalah tips membangun kepercayaan diri pasca perceraian yang bisa mengubah cara pandang Anda dan membantu menyambut kehidupan Anda pasca bercerai :

  1. Biarkan Diri Anda Berduka
    Tidak ada yang menikah  dan berpikir akan bercerai. Bahkan jika saat Anda menginginkannya, perceraian masih merupakan kerugian. Bagaimanapun pernikahan Anda dan pengalaman perceraian akan ada emosi yang berhubungan dengan kesedihan. Anda mungkin merasa menyesal untuk apa yang Anda lakukan atau tidak lakukan, atau bertanya-tanya apa yang Anda lakukan salah. Jangan terus merasa bersalah, tapi buatlah ruang untuk diri Anda sendiri.
  2. Atasi Perasaan Anda
    Jangan membawa beban berat dari hubungan sebelumnya Anda ke dalam kehidupan baru Anda. Temukan cara untuk mengatasi emosi kesedihan yang tersisa dari kematian pernikahan Anda. Bicarakan perasaan Anda dengan terapis atau memfokuskan energi Anda dalam kegiatan sehat yang Anda nikmat. Jika Anda menemukan diri Anda menolak gagasan terapi, tapi Andaperlu ingat bahwa terapi bukan berarti Anda memiliki masalah atau bahwa Anda berada dalam krisis. Hal ini dapat menjadi cara untuk membangun kehidupan yang lebih baik
  3. Belajarlah untuk Menyukai Diri Sendiri
    Banyak orang merasa penolakan diri setelah bercerai. Anda mungkin berpikir bahwa ada sesuatu yang salah dengan Anda sehingga pernikahan Anda tidak berhasil. Anda harus berusaha untuk mendapatkan kepercayaan diri dan keyakinan pada diri sendiri dan kemampuan untuk percaya pada nilai Anda sendiri.
  4. Menemukan Kembali Siapa Anda Dulu
    Jika seseorang menikah untuk waktu yang lama, mungkin telah menyerah pada banyak hal yang Anda sukai saat Anda masih single. Mungkin Anda senang pergi keluar, tapi pasangan Anda adalah orang rumahan. Mungkin Anda selalu senang pergi ke teater tapi suami Anda membencinya. Temukan hobi dan kegiatan yang Anda lakukan dulu sebelum menikah. Adalah penting untuk membangun kembali diri Anda.
  5. Temukan Sisi Baru Dari Diri Anda
    Masa perceraian, meskipun seringkali sulit dan tidak diinginkan namun bisa didapatkan hikmahnya untuk mencoba gaya hidup baru. Mungkin hal yang sederhana seperti potongan rambut pendek setelah seumur hidup memakai mempunyai rambut yang panjang. Mungkin itu mencoba olahraga baru, mengunjungi tempat ibadah yang berbeda, atau akan kembali ke perguruan tinggi. Mungkin Anda menyadari bahwa Anda ingin pindah ke kota baru. Tentu saja, Anda tidak bisa pergi begitu saja  dengan sia-sia. Selama perubahan yang Anda buat sehat dan konstruktif, ini adalah sangat tepat. Pikirkan Anda ingin menjadi siapa dulu sebelum menikah atau beberapa hal yang dapat Anda lakukan secara berbeda.
  6. Berani Sendirian
    Menjadi sendiri saja tidak berarti terisolasi dan tidak pernah melihat siapa pun. Tetapi hanya menundanya saja untuk beberapa waktu untuk membangun diri Anda yang lebih baik.
  7. Pertimbangkan Transisi Hubungan
    Bila ingin menjalin hubungan dengan seseorang atau ingin kembali berkencan, lakukanlah saat Anda benar-benar siap. Jangan jadikan hubungan yang baru sebagai pelarian dari kekecewaan Anda. Sebaiknya perbanyak persahabatan dengan orang-orang disekitar Anda tanpa perlu berpikir bahwa hubungan ini harus dilanjutkan kepada jenjang yang serius.
  8. Rangkullah Peran Baru Anda
    Jika Anda telah lama menikah, mungkin Anda tidak terbiasa menangani masalah-masal yang biasa ditangani pasangan Anda misalnya keuangan dan tiba-tiba saja harus mengelolanya sendiri Yakinlah bahwa Anda mampu, sadari bahwa semua hal tersebut akan bisa diatasi seiring berjalannya waktu. Anda tidak harus mengetahui semuanya sendiri. Carilah bantuan.

Jangan takut salah sebab kesalahan memberikan keterampilan hidup dan mengajarkan Anda bahwa Anda dapat menangani sendirian.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document