Tips Berbisnis Dengan Modal Minim

Siapa yang tak ingin memiliki bisnis yang bisa dikelola sendiri baik waktu dan labanya? Tapi ada satu hal yang biasanya menjadi langkah pemberat seseorang mau berbisnis mandiri? Ya, jawaban yang sering terdengar adalah mengenai modal minim.
Ketika orang hendak berbisnis, tentu yang ia butuhkan adalah barang atau jasa yang akan dijual dan tempat transaksinya. Tempat transaksi yang dimaksud bisa berupa kios atau ruko. Bahkan untuk membuka stand saja, yang ingin berbisnis perlu membayar sewa tempat.
Lalu, apa solusinya jika kita tidak memiliki modal yang banyak alias bermodal minim?

Beberapa tips berbisnis dengan modal minim:

  • Daftar atau buat list kebutuhan

    Kebutuhan disini maksudnya adalah semua persiapan yang diperlukan untuk membuka usaha bisnis, seperti contohnya perlu membuat daftar biaya yang akan dikeluarkan. Dari biaya produksi (jika bisnisnya bergerak di bidang bisnis barang),biaya promosi melalui flyer, biaya listrik, biaya telepon, biaya internet, biaya gaji karyawan, dan lain-lain.

    Setelah membuat list semua rinciannya, langkah selanjutnya adalah menggaris bawahi pos mana yang bisa diminimalkan budgetingnya.Misal,jika kita bisa menggunakan rumah sebagai tempat produksi atau tempat berjualan, tentu hal ini sangat menghemat. Kita hanya perlu mengganti posnya menjadi pos stand pameran saja. Hal ini perlu untuk memamerkan barang jualan secara offline.

  • Promosi melalui sosmed

    Promosi melalui media sosial akan menghemat pos pengeluaran di bagian flyer. Kita dapat memanfaatkan akun sosial media untuk menyebarluaskan bisnis. Antisipasinya adalah pos biaya internet yang sedikit lebih banyak tentunya.

  • Sebar sample dan testimoni

    Jika gencar mempromosikan usaha melalui sosial media demi penghematan dan berbisnis modal minim, maka itu artinya kita butuh cara untuk menarik kepercayaan calon pembeli. Caranya adalah dengan memasukkan testimoni teman – teman atau orang – orang yang sebelumnya diberikan sample atau contoh barang jualan. Bisa juga memasang foto dari artis yang endorse. Dengan semakin banyaknya foto atau hasil capture testimony orang – orang, semakin bertambah kredibilitas usaha bisnisnya.

Dengan hal ini, maka tidak ada alas an bagi yang ingin mempunyai bisnis dengan modal minim. Hanya perlu dilakukan pengaturan dalam persediaan barang dan promosi.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document