Tanda-Tanda Melahirkan Normal

Bagi Anda yang baru akan melahirkan untuk pertama kalinya, menunggu saat melahirkan akan lebih yakin jika Anda mengetahui tanda-tanda melahirkan normal. Seperti apa sih tanda-tandanya itu?

  1. Turunnya bayi (Lightening)
    Tanda-tanda melahirkan normal yang pertama adalah turunnya bayi dari perut atas menuju bawah (panggul). Turunnya bayi ini merupakan sebuah mekanisme bayi yang masuk ke dalam ‘jalan’ lahir. Di masa ini, Anda akan merasakan tekanan yang lebih intens di daerah panggul; pipis yang lebih sering; sesak napas; dan perut yang semakin berat.
  2. Pendarahan
    Pendarahan` di sini merupakan akibat dari rahim yang mengalami pembukaan. Setelah itu, pendarahan bisa semakin banyak seiring dengan ada ‘robekan-robekan’ dinding rahim akibat kontraksi. Di masa ini, darah yang ke luar juga bersama dengan lapisan-lapisan mukosa (lapisan pelindung rahim saat hamil) sehingga darah yang ke luar tidak benar-benar berwarna merah tetapi bisa merah muda atau cokelat yang disertai lendir.
  3. Ledakan energi
    Beberapa wanita yang akan melahirkan ada yang merasakan munculnya ledakan energi yang besar sesaat sebelum melahirkan. Hal ini alami terjadi sebagai bentuk naluriah seorang ibu dalam melindungi dan mempersiapkan proses kelahiran untuk bayinya.
  4. Mual dan diare
    Gejala yang satu ini jarang terjadi. akan tetapi beberapa wanita mencatat adanya gejala ini. hal yang menjadi penyebabnya tentu adalah fluktuasi hormon yang terjadi di dalam tubuh.
  5. Braxton Hicks
    Menjelang waktu melahirkan, wanita yang sedang hamil akan merasakan kontraksi-kontraksi. Akan tetapi kontraksi ini bukan kontraksi yang sesungguhnya. Namanya adalah kontraksi Braxton Hicks. Kontraksi yang sesungguhnya terjadi secara terus menerus tanpa henti dan semakin menguat.
  6. Pecah air ketuban
    Di saat akan melahirkan, beberapa wanita akan mengalami pecahnya air ketuban. Pecahnya air ketuban ini merupakan efek dari pecahnya (meluruhnya) kantung bayi (kantung amnion). Sebagian wanita ada juga yang tidak mengalaminya secara alami. Jika demikian, dokter atau bidan akan memecahkannya.
  7. Kontraksi rahim dan dorongan bayi yang kuat
    Sesaat setelah pecah kantung amnion, kontraksi rahim dan dorongan bayi untuk ke luar akan semakin besar. Kontraksi ini akan semakin sering dengan tingkat kesakitan yang semakin tinggi. Jika sudah demikian, Anda berarti sudah akan melahirkan dalam hitungan waktu yang tidak lama lagi. Pastikan di masa ini, Anda sudah didampingi bidan atau pun dokter yang akan membantu proses persalinan.

Nah itulah beberapa di antaranya tanda-tanda melahirkan normal yang biasa terjadi pada wanita yang akan melahirkan.. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document