Tanda Awal Kehamilan Minggu Pertama

Kehamilan merupakan momen yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Kehadirannya tidak bisa diduga, karena terkadang ia tak jua datang meskipun Anda sudah siap mendapatkannya, namun kadangkala ia datang pada saat Anda sudah merasa lelah menantikannya. Kondisi tersebut membuat sebagian orang tidak menyadari kalau dirinya tengah hamil. Hal itu disebabkan karena tanda awal kehamilan minggu pertama memang agak susah dideteksi sehingga mereka baru menyadari kalau sedang hamil jika kehamilan berusia di atas tiga minggu.

Sebenarnya, kehamilan bisa dideteksi lebih dini asalkan Anda mengetahui tanda awal kehamilan minggu pertama, yang diantaranya sebagai berikut :

  1. Terhentinya siklus haid
    Pada wanita yang memiliki siklus haid teratur, terhentinya haid bisa jadi tanda awal kehamilan. Hal itu berbeda dengan yang siklus haidnya tidak teratur yang berarti merupakan tanda telat menstruasi.
  2. Muncul flek dan kram pada perut
    Sebagian orang mengira bahwa munculnya flek merupakan tanda-tanda menstruasi, padahal itu merupakan gejala awal kehamilan. Hal itu terjadi saat implantasi (penempelan embrio pada dinding uterus). Dan biasanya ditandai dengan munculnya kram pada perut.
  3. Membengkaknya payudara
    Kehamilan biasanya ditandai dengan pembengkakan payudara yang terjadi akibat meningkatnya kadar hormone dalam tubuh.
  4. Rasa mual dan ingin muntah
    Kehamilan biasanya membuat wanita lebih sensitif, ia cenderung lebih rewel dalam urusan makan. Hal itu disebabkan rasa mual dan muntah yang merupakan tanda awal kehamilan dan kondisi tersebut mengakibatkan nafsu makannya berkurang.

Selain tanda-tanda yang tersebut di atas, masih banyak tanda-tanda yang mengarah pada kehamilan, diantaranya : sering buang air kecil, cepat lelah, peka terhadap bau-bauan, perut kembung, sembelit, dan lain-lain. Lalu, langkah apakah yang harus Anda lakukan jika semua tanda awal kehamilan minggu pertama sudah terjadi pada diri Anda? Bila tanda-tanda diatas sudah Anda dirasakan, maka sebaiknya segera melakukan tes kehamilan dengan test pack (tes urin). Dari sini Anda bisa mendapatkan jawabannya, karena tes yang akurat biasanya akan langsung menunjukkan positif atau negatif.

Setelah memastikan hasil tes urin positif, kini saatnya Anda memeriksakan diri ke dokter atau bidan terdekat untuk memastikan bahwa kondisi Anda dan janin dalam keadaan sehat wal afiat dan untuk mendapatkan panduan tentang cara menjalani kehamilan yang baik.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document