Tahapan Tumbuh Kembang Anak 1

Orang tua atau sepasang suami istri yang sebentar lagi akan menjadi orang tua perlu mengetahui informasi tentang beberapa tahapan pada tumbuh kembang anak! Dengan mengetahui informasi ini, maka kita bisa mengoptimalkan upaya agar tahapan tumbuh kembang tersebut bisa dilewati secara maksimal sehingga anak kita akan tumbuh menjadi manusia yang bisa diandalkan secara fisik dan mental.

Artikel kali ini akan membahas tentang beberapa tahapan pada tumbuh kembang anak yang dimaksud. Selamat menyimak!

  1. Tahapan usia 0 sampai 1 tahun. Pada tahapan ini, bayi akan lebih sering tertidur dan beberapa kali terbangun apabila mengalami gangguan atau merasa lapar. Intenstitasnya dalam merasakan gangguan akan bertambah seiring dengan berkembangnya indra pendengaran, penglihatan, penciuman, dan lain sebagainya. Dalam tahapan ini, orang tua bisa mengupayakan untuk meminimalisir gangguan agar pertumbuhannya lebih optimal, dan saat anak mulai memperlihatkan perkembangannya, Anda bisa melakukan stimulasi atau rangsangan yang akan membuat indranya semakin peka, misalnya dengan memperkenalkan aneka warna untuk merangsang indra penglihatannya, menepuk tangan dengan pelan di bagian telinga kanan dan kiri untuk melatih indra pendengarannya.
  2. Tahapan usia 1 sampai 2 tahun. Pada tahapan ini anak akan mulai belajar untuk berjalan dan menjaga keseimbangan saat melakukannya. Orang tua bisa membantu perkembangannya dengan lebih sering mengajaknya berjalan jalan dengan memegangi tangannya, karena cara ini akan membuat anak untuk terbiasa berjalan dan membuat otot kaki semakin kuat. Selain itu, di tahapan ini syaraf motorik anak mulai berkembang dengan lumayan pesat dibandingkan pada tahap ke-1. Hal ini terbukti dengan makin lincahnya bayi Anda bergerak, makin responsifnya bayi Anda dalam melempar bola, dan makin beragam gerakan yang bisa dilakukannya. Untuk semakin meningkatkan rangsangan di tahap ini, Anda bisa memberikannya mainan yang membuat bayi lebih aktif bergerak seperti bola, puzzle, serta mainan edukasi lainnya.
  3. Tahapan usia 2 – 3 tahun. Pada tahapan ini bayi normal umumnya sudah bisa menendang bola dengan cukup baik, bisa mengucapkan beberapa kosa kata, serta mengerti dengan ucapan dan maksud yang orang tua sampaikan. Pada tahap ini, Anda bisa meningkatkan hasilnya dengan lebih sering mengajaknya bicara, lebih sering memperkenalkan segala sesuatu di dunia ini dengan bahasa yang lemah lembut, dan lebih sering mengajaknya bermain. Semua upaya tersebut akan membuat tahapan ini berkembang dengan lebih baik.

Mengenai tahapan selanjutnya akan dibahas di artikel Tahapan Pada Tumbuh Kembang Anak 2. Semoga bermanfaat

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document