Seputar Rumah Hemat Energi

Hemat energi barangkali menjadi isu yang serius dewasa ini, seiring dengan makin menurunnya jumlah cadangan sumber energi yang bermanfaat untuk membantu keberlangsungan kehidupan manusia. Oleh karenanya, dibutuhkan suatu niat, tekad dan kebijakan dalam mengatasi permasalahan krisis energi yang tengah terjadi ini dengan cara penghematan ataupun menemukan sumber energi baru yang dapat membantu keberlangsungan kehidupan manusia sehari-hari. Salah satu upaya sederhana yang dapat dilakukan dalam mengatasi krisis energi yang terjadi adalah pembuatan rumah hemat energi. Ketahui dan kenali beberapa data dan fakta seputar rumah hemat energi berikut ini.

Data dan fakta

Berikut ini beberapa data dan fakta seputar rumah hemat energi yang perlu diketahui sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Pencahayaan. Pengaturan pencahayaan sebagai penerang bagian-bagian rumah dapat diatasi dengan penggunaan lampu yang hemat energi ataupun energy saving seperti lampu LED ketika malam hari. Pada saat siang hari dapat memaksimalkan pengaturan bukaan jendela, pintu ataupun penutup atap. Bahkan pada beberapa desain rumah hemat energi, digunakan dinding kaca sebagai pengganti tembok untuk memaksimalkan pencahayaan ruangan.
  • Sirkulasi udara. Memaksimalkan sirkulasi udara agar keadaan rumah tetap sejuk, sehingga mengurangi penggunaan AC yang berguna untuk penyejuk ruangan. Memaksimalkan sirkulasi udara bisa dilakukan dengan pemilihan desain ventilasi rumah yang memungkinkan udara dapat keluar-masuk secara bebas. Menanam vegetasi besar disekitar rumah juga dapat dipertimbangkan untuk kesejukan rumah karena bermanfaat untuk suplai oksigen dan keteduhan.
  • Optimalisasi tenaga surya. Mengoptimalkan tenaga surya sebagai alternatif sumber energi listrik dalam aktifitas keseharian juga layak untuk dipertimbangkan. Penggunaan lampu taman energi surya ataupun penggunaan sollar cell seperti fotovolĀ­taik untuk menyimpan energi listrik merupakan salah satu alternatif penghematan energi. Gunakan peralatan yang tidak memerlukan daya listrik yang tinggi seperti lampu penerangan LED, kipas surya atau solar fans ataupun kompor surya dengan penggunaan concave mirror dengan prinsip pengumpulan dan pemfokusan energi panas matahari.

Demikianlah data dan fakta seputar rumah hemat energi yang bisa dijadikan pedoman ketika hendak membuat rumah yang hemat energi. Pertimbangkan juga luasan lahan yang dapat dimanfaatkan sebagai biopori agar ketersediaan air tanah dapat terjaga. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document