Salah Satu Kebiasaan Orang Sukses: Bangun Pagi

Hasil riset Laura Vanderkam dalam ebooknya “What the Most Successful People Do Before Breakfast” menyatakan bahwa orang yang terbiasa banyak pagi biasanya lebih sukses, dibandingkan dengan orang yang produktif setelah makan siang atau yang terbiasa kerja malam hari.

Para  eksekutif menggunakan waktunya untuk menulis, membaca, berolahraga dan beraktifitas lain dengan memanfaatkan waktu pagi sebelum sarapan ini dengan cerdas.

Dalam ebook tersebut, Vanderkam memberikan proses untuk sama-sama belajar membuat perubahan:

  1. Tuliskan waktu yang sudah  digunakan. Salah satu cara untuk menggunakan waktu lebih baik adalah dengan mengetahui secara pasti bagaimana menggunakan waktu saat ini. Jadi tuliskankah waktu yang sudah digunakan bahkan sampai detail kegiatan. Dengan terbiasa membuat to do list, maka jika telah menyelesaikan satu atau lebih to do list nya bisa dilakukan check pada point-point to do list yang sudah berhasil dikerjakan.
  2. Bayangkan suasana pagi yang indah.  Bayangkan bahwa suasana pagi adalah waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan apapun, dengan begitu, perasaan dipagi hari akan semakin bersemangat, karena biasanya waktu pagi adalah waktu yang tenang, belum terlalu banyak suara-suara yang bisa menggangu konsentrasi kerja.
  3. Jabarkan jadwal pada pagi hari. Jadwal apa saja yang harus dikerjakan. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk tidur dan bangun dengan segar. Tuliskan secara detail. Bahkan jika perlu, selain menuliskan apa saja yang harus dikerjakan, tuliskan juga mengenai durasi waktunya.
  4. Bangun pagi jadikan kebiasaan.  Ini tidak bisa dilakukan secara drastis, harus melalui proses,sehingga proses ini akan menjadi kebiasaan. Dan hal inilah yang paling penting. Jika aktivitas bangun pagi ini sudah menjadi kebiasaan, maka ritme badan pun akan menjadi lebih nyaman.
  5. Lakukan evaluasi diri. Dengan melakukan evaluasi diri, akan semakin sadar bahwa hidup akan selalu berubah, dan perubahan ke hal yang baik yang diharapkan. Selalu perbaiki kekurangan diri. Jadikan hal ini bahan evaluasi untuk selanjutnya dilakukan koreksi.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, maka hari yang dilakui dengan segala aktifitasnya, akan menjadi semakin terencana dan teratur.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document