Sahabat Dan Bisnis

Salah satu cara untuk memperoleh pendapatan selain bekerja pada “orang” adalah berbisnis. Berbisnis kini sangat luas cakupannya. Tidak hanya menjual barang saja namun menyediakan jasa juga termasuk bisnis. Menyediakan apa yang dibutuhkan manusia dari ujung rambut hingga ke ujung kaki, demikian pula dengan kebutuhan rohani seperti refreshing dan hobi. Semua dapat dijadikan bisnis.

Ketika memulai sebuah bisnis, tentunya akan berinteraksi dengan banyak orang. Baik itu pada posisi supplier ataupun sebagai konsumen. Bahkan kerap sahabat Anda, terlibat dalam pengembangan bisnis Anda. Bagaimana kaitan antara sahabat dan bisnis? Sesuatu yang nampaknya dekat namun rumit jika tidak sama-sama memahami aturan yang ada.

Dalam sebuah bisnis, peran sahabat perlu diterangkan hitam putihnya. Bisnis adalah sebuah hitungan pasti yang dihindarkan adanya sesuatu yang abu-abu. Walaupun itu antara Anda dengan sahabat dan Anda dengan saudara. Memang ada kedekatan hati yang terbina bersama dengan waktu, namun untuk sebuah bisnis, sahabat dan bisnis adalah sesuatu yang harus ditata dari awal agar jangan sampai persahabatan pecah karena bisnis dan bisnis hancur karena ada perselisihan dengan sahabat.

Untuk mengawali sebuah kolaborasi yang indah, buatlah aturan main yang jelas. Hal ini bisa Anda mulai dari pembagian tugas dalam bisnis. Pelajari bisnis yang Anda jalani, lihatlah keunggulan dari Anda dan sahabat Anda, masing-masing pihak memiliki kompetensi dan keahlian di bidang apa. Jika Anda jago dalam keuangan dan pintar menawar ata bernegosiasi maka Anda bisa memegang keuangan dan berbelanja bahan baku. Dan apabila sahabat Anda piawai dalam bidang produksi, berilah wewenang padanya untuk meng-handle produksi.

Mengharmoniskan sahabat dan bisnis selanjutnya adalah jelas dalam pembagian laba. Setiap bisnis tentunya memiliki laba yang diperoleh dari proses produksinya. Tentukan di awal tentang pembagian tersebut. Berapa prosentasenya, ditentukan berdasarkan peran dan berapa besar penyertaan modal masing-masing pihak. Jika perlu buatlah surat perjanjian beserta hal-hal lain yang mungkin terjadi. Sepertinya terlalu formal da nada kemungkinan salah satu pihak terseinggung, namun dalam bisnis haruslah mengedepankan keprofesionalan. Berpikir positif dan diniatkan untuk membangun bisnis yang professional akan memudahkan kedua belah pihak untuk melangkah bersama.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document