Persiapan Menjelang Persalinan

Cemas, takut, panik dan gugup biasanya dialami oleh calon ibu yang akan melakukan persalinan. Untuk mengatasi perasaan-perasaan ini, diperlukan persiapan menjelang persalinan yang matang.

Sebenarnya, yang harus benar-benar disiapkan adalah mental ibu hamil. Banyak kejadian ibu hamil yang “kalah sebelum bertanding” karena mendengar cerita-cerita tak mengenakkan dari lingkungan sekitar.

Sebaiknya, persiapkan segala sesuatunya sejak kandungan berusia 7 bulan, agar persalinan berjalan lancar. Inilah persiapan yang harus dilakukan oleh ibu hamil dalam menghadapi persalinan:

  1. Dana
    Siapkan dana untuk melahirkan. Carilah informasi tentang biaya melahirkan di tempat yang dikehendaki. Persiapkan juga apabila ternyata nantinya harus melahirkan dengan proses bedah Caesar. Tentu saja terdapat perbedaan besarnya biaya antara melahirkan secara normal dengan bedah Caesar. Lebih baik menyediakan dana agak lebih dari biaya yang dibutuhkan, agar jika sewaktu-waktu diperlukan, sudah ada.
  2. Perkirakan Jarak Tempat Persalinan
    Sebaiknya pilih tempat melahirkan yang jaraknya tidak terlalu jauh. Tujuannya agar ibu hamil dapat cepat sampai. Perkirakan juga tingkat kemacetan jalan yang harus ditempuh. Prosedur masuk ke kamar bersalin juga sudah harus diketahui agar jika terjadi keadaan darurat, ibu hamil dapat segera mendapat pertolongan.
  3. Lakukan Aktivitas
    Ketenangan diri merupakan salah satu persiapan menjelang persalinan yang sangat penting. Untuk menenangkan diri, ibu hamil disarankan untuk melakukan aktivitas sebelum proses persalinan tiba. Mandi dan membersihkan badan akan membuat ibu hamil merasa segar. Selain itu juga akan mencegah masuknya kuman selama persalinan berlangsung.
  4. Siapkan Kebutuhan Persalinan
    Peralatan dan perlengkapan yang harus disiapkan meliputi perlengkapan untuk ibu dan untuk bayi. Untuk ibu, siapkan peralatan mandi, kosmetik, minyak untuk menggosok dan mengurangi rasa sakit, baju dengan kancing depan agar mudah menyusui, bra untuk menyusui, juga makanan ringan.

Untuk pulang dari tempat bersalin, siapkan baju yang sesuai, karena biasanya ibu yang baru melahirkan akan tampak seperti sedang hamil 5-6 bulan.

Peralatan yang diperlukan untuk bayi yaitu popok, pakaian bayi, sarung tangan dan kaki, bedak, minyak telon, kain flannel, dan selimut.

Jika persiapan menjelang persalinan sudah matang, ibu pun akan tenang dalam menjalani proses yang mendebarkan ini.

 

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document