Perkembangan Janin Trimester Pertama

Trimester pertama adalah waktu yang menyenangkan bagi calon ibu. Sebagian besar wanita mengalami ketidaknyamanan fisik tertentu seperti morning sickness, mual, kelelahan dll Mereka juga mengalami perubahan suasana hati buruk dan keinginan untuk jenis makanan tertentu. Ada perasaan umum ketidaknyamanan fisik selama trimester pertama. Hal ini karena berbagai perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh.

  • Minggu ke-1
    Sperma membutuhkan sekitar 12 jam untuk mencapai sel telur. Sementara banyak sperma yang dilepaskan, hanya satu yang akan berhasil melakukan  proses pembuahan. Nutrisi adalah kunci selama kehamilan. Namun kehamilan tidak selalu direncanakan dan banyak wanita tidak menyadari mereka hamil sampai minggu setelah pembuahan, tetapi tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki gizi ibu hamil.
  • Minggu ke-2
    Implantasi terjadi . Selamat Anda dan bayi secara resmi terhubung! Para bayi yang sedang berkembang sekarang disebut embrio . Pertumbuhan embrio berlangsung dengan cepat , namun sangatlah mungkin bahwa Anda masih benar-benar belum menyadari kehamilan Anda.
  • Minggu ke-3
    Pada akhir minggu ketiga Anda mungkin akan kehilangan siklus pertama menstruasi Anda. Tubuh bayi sekarang memiliki kepala diidentifikasi dan bagian ekor, dan Anda dapat melihat embrio melalui USG. Ini adalah saat yang kritis bagi perkembangan otak bayi dan sangat penting bagi Anda untuk makan makanan bergizi dan tetap menjaga kesehatan. Hal ini diyakini bahwa virus dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi. Selain otak bayi, jantung bayi juga berkembang pada tahap awal.
  • Minggu ke-4
    Empat minggu berikutnya fitur wajah bayi Anda akan berkembang.  Bayi Anda mengapung di dalam bak air ketuban. Tak perlu dikatakan sangat penting bagi ibu untuk tetap terhidrasi sepanjang hari. Disarankan agar Anda minum setidaknya 13 gelas air putih per hari untuk mencukupi kebutuhan  kehamilan Anda. Organ dan sumsum tulang belakang bayi juga sekarang mulai terbentuk.
  • Minggu ke-5
    Otak dan kepala bayi pada minggu ini akan tumbuh sangat pesat. Perkembangan saraf yang diperlukan dalam gambar visual akan mulai berkembang. Jaringan akan hadir untuk memulai pengembangan sistem reproduksi bayi. Minggu ini tunas kaki dan tangan akan mulai berkembang.
  • Minggu ke-6
    Organ-organ dan struktur wajah terus berkembang dan otak yang dikenal sebagai otak kecil yang mengontrol gerakan otot, dan kelenjar hipofisis yang mengatur hormon akan mulai berkembang juga.
  • Minggu ke-7
    Tulang rawan mulai mengeras menjadi tulang. Pangkal kaki , lutut dan pergelangan kaki mulai terbentuk. Kelopak mata berkembang. Bayi sekarang akan mulai membuat gerakan-gerakan spontan namun ia masih begitu kecil Anda belum merasakan apa-apa.
  • Minggu ke- 8
    Bentuk wajah sekarang hampir sepenuhnya terlihat jelas, dan tulang rawan terus berubah menjadi tulang dimulai dengan lengan. Organ kecil yang mulai berfungsi. Jantung berdetak kuat sekarang. Organ reproduksi bayi juga berkembang.
  • Minggu ke-9
    Bayi kini telah lulus dari embrio menjadi janin! Selama minggu ini kuku dan rambut akan mulai berkembang. Sendi-sendi tungkai dan pinggul sekarang menyerupai orang dewasa. Pada akhir minggu ini bayi Anda akan mengukur hampir 2 inci panjangnya. Anggota tubuh bagian bawah masih cukup kecil tetapi sudah sepenuhnya berselaput dengan pembuluh darah. Rahim anda sekarang sekitar ukuran buah anggur. Kulit bayi mulai menebal dan menjadi les transparan. Bagian berwarna dari mata yang dikenal sebagai iris mulai berkembang dan kelopak mata masih menutup sementara.
  • Minggu ke-10
    Struktur otak bayi kini dikembangkan meskipun versi miniatur. Kuku jari mulai tumbuh keluar dari tempat tidur kuku, dan kadang-kadang dalam tiga minggu ke depan bayi mulai mengeluarkan urin ke dalam cairan ketuban. Gigi dan tunas gigi permanen mulai berkembang pekan ini, dan refleks baru dikembangkan disebut ia rooting refleks. Ini berarti setiap kali wajah bayi disentuh dia akan membuka mulut untuk menemukan makanan.
  • Minggu ke-11
    Usus bayi yang sekarang terletak di perutnya. Pita suara akan mengembangkan namun bayi tidak akan mampu membuat suara atau berteriak sampai cairan ketuban diganti dengan udara saat lahir.
  • Minggu ke-12
    Bayi kini berlatih menghirup dan membuang yang akan mengirimkan cairan ketuban ke paru-parunya. Selama minggu ini tangan mulai menjadi lebih berfungsi dan struktur seks eksternal mulai dapat dibedakan.

Demikianlah hal-hal yang terjadi pada janin selama trimester pertama

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document