Perawatan Setelah Keguguran

Keguguran menjadi salah satu hal yang paling menyakitkan yang dialami oleh seorang ibu ataupun calon ibu. Tentu saja hal tersebut tidak diharapkan untuk terjadi, namun mau bagaimana lagi jika Tuhan Yang Maha Esa sudah berkehendak lain. Ada hal yang terpenting untuk dilakukan setelah seseorang mengalami keguguran yakni perawatan setelah keguguran.

Ada baiknya jika perawatan yang dilakukan terhadap orang yang telah mengalami keguguran dilakukan secara psikis dan fisik. Dengan demikian keseimbangan kesehatan jasmani dan rohaninya bisa terjaga dengan baik. Adapun bentuk perawatan setelah keguguran yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Hindarkan perasaan bersalah
    Di dunia ini tiada seorang pun yang bisa memperirakan apa yang akan terjadi di kemudian hari. Jangan biarkan perasaan bersalah selalu menghantui perasaan Anda. Yakin dan optimislah bahwa itu semua bukanlah salah Anda melainkan rencana Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cari tempat untuk bersandar
    Saat yang kelam seperti ini memang ada baiknya untuk mencari tempat bersandar. Tempat yang paling baik untuk bersandar selama ini adalah pada suami Anda. Minta dukungan yang positif kepada suami Anda namun jangan terlalu memaksa. Dengan demikian maka Anda bisa segera bangkit dari keterpurukkan.
    Jangan juga selalu menyimpan semua perasaan di dalam hati. Ada kalanya itu akan meledak di kemudia hari. Jadi tumpahkan dan luapkan semua emosi yang ada pada tempat Anda bersandar tersebut.
  3. Selalu berpikir positif
    Yakinlah ada rencana yang indah atas setiap kejadian yang menimpa diri Anda. Ada baiknya Anda selalu berpikir positif atas semua kejadian yang terjadi agar pikiran dan tubuh .
  4. Makan yang bergizi
    Mengkonsumsi makanan yang bergizi sangat diperlukan apalagi sehabis keguguran. Tentunya membutuhkan banyak sekali nutrisi agar cepat kembali dalam keadaan yang sehat dan bugar seperti sedia kala.
  5. Jangan berhubungan dulu
    Setelah keguguran tentunya kondisi rahim masih belum baik benar. Oleh karena itu, hendaknya suami menahan diri untuk berhubungan seks mengingat kondisi rahim yang belum siap. Bisa jadi jika dipaksakan akan menyebabkan pendarahan.

Demikianlah beberapa perawatan setelah keguguran yang bisa diterapkan. Jangan lupa peran keluarga terutama suami sangat besar dalam pemulihan setelah keguguran.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document