Perawatan Adenium Di Lahan Terbatas

Untuk merawat tanaman adenium agar tumbuh dengan baik, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti di bawah ini:

  1. Media untuk tanaman

Media tanam berperan penting dalam menentukan pertumbuhan sebuah tanaman. Habitat asli tanaman adenium adalah di gurun pasir. Supaya tanaman dapat tumbuh dengan seimbang seperti pada habitat alami nya, maka media harus disesuaikan. Media harus mendekati habitat asli. Untuk tanaman adenium, media yang bagus adalah tanah berpasir, sekam padi bakar, humus, dan cocopeat dengan perbandingan 4, 3, 2, 2.

  1. Pengaturan penyiraman air

Tanaman ini tidak membutuhkan jumlah air yang terlalu besar karena kebanyakan air akan membut tanaman membusuk. Supaya tanaman tetap tumbuh dengan baik, sebaiknya penyiraman dilakukan dua kali dalam sehari. Jumlah air secukupnya saja dan tidak perlu sampai menggenang.

  1. Re-potting atau penggantian media tanam yang ada di dalam pot

Media tanam sebaiknya diganti setiap enam bulan sekali. Tujuannya adalah agar tanaman tidak kekurangan unsur hara dan pupuk yang dibutuhkan. Media tersebut harus diberi pupuk kembali dan juga air secukupnya.

  1. Pemupukan

Ada dua pemupukan, yaitu organik dan kimia. Untuk pupuk organi sebaiknya dilakukan pada saat re-potting. Sedangkan untuk kimia, yang dipakai adalah NPK dengan takaran dua sdm dan campuran air sebanyak sepuluh liter. Pupuk kimia sebaiknya disiramkan langsung pada akar supaya tidak merusak tanaman.

Selain perawatan diatas, jika ingin berkreasi dengan tanaman adenium, ada bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Membuat bonggol yang bagus

Caranya adalah dengan memendam akar tanaman hingga beberapa lama. Setelah bonggol terbentuk, maka bonggol bisa dinaikkan. Supaya akar tidak busuk, maka setelah bonggol dinaikkan, jangan menyiramkan air sama sekali karena tanaman ini tidak membutuhkan terlalu banyak air. Sedangkan bentuk bonggol yang indah sebenarnay dibentuk dari air yang tersimpan pada bonggol tersebut ketika bonggol tersebut dipendam.

  • Memperbanyak jumlah bunga yang muncul

Caranya adalah dengan menyemprotnya dengan menggunakan gandasil jenis B. Supaya bunga muncul secara bersamaan dan untuk merangsang pertumbuhan bunga, maka tanaman harus diletakkan pada daerah yang banyak mendapatkan sinar matahari.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document