Penyebab Stress

Stress merupakan suatu gejala psikis yang kini banyak menghinggapi masyarakat. Adapun penyebab stress itu sendiri berbagai macam hal. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Gaya hidup. Gaya hidup masa kini terutama di perkotaan membuat orang menjadi harus mengeluarkan banyak biaya. Sebagai contoh, wanita memerlukan penampilan yang trendi, modis dan cantik. Tentu saja membutuhkan tidak sedikit biaya, seperti perawatan di salon, pembelian fashion, dan lain sebagainya. Belum lagi jika gaya hidup juga meliputi pola makan dan tehnologi. Semakin menambah pengeluaran setiap bulannya. Jika tidak disesuaikan dengan kondisi keuangan pribadi ataupun keluarga, maka hal ini dapat menyebabkan stress.
  • Beban kerja. Beban kerja menyebabkan masalah yang sering menimbulkan stress. Kerja dengan schedule yang padat, masalah bertumpuk semakin menambah berat masalah yang dipikul.
  • Kondisi keluarga. Kondisi keluarga terutama yang terkait dengan hubungan suami dan istri yang kurang seimbang bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya stress.
  • Kenakalan anak. Kenakalan anak, baik yang wajar maupun yang melebihi batas kewajaran sering menjadi salah satu penyebab stress. Jika kita sebagai orang tua tidak mampu memahami anak, maka yang terjadi adalah stress yang justru berdampak menjadi kurang bagus bagi pendidikan anak.
  • Masalah keuangan keluarga. Masalah keuangan keluarga menjadi penyebab timbulnya stress yang paling sering. Bahkan pada keluarga berpenghasilan tinggi pun masalah keuangan tidak jarang menjadi pemicu masalah yang dapat menimbulkan depresi.
  • Masalah keluarga besar. Masalah keluarga besar seperti ketidakharmonisan dengan orang tua ataupun mertua dapat menjadi pemicu timbulnya stress. Salah satu cara mengantisipasi adalah tidak tinggal serumah dengan keluarga besar jika memungkinkan.
  • Masalah dengan tetangga. Meskipun tidak banyak terjadi, namun masalah dengan tetangga juga dapat menimbulkan stress. Bahkan jika tetangga dianggap kurang memiliki jiwa toleransi terhadap sesame tetangga, maka stress dan menimbulkan pertengkaran yang menjadikan masalah semakin pelik.
  • Makanan dan minuman. Jangan disangka makanan dan minuman dapat menjadi penyebab stress. Salah satunya adalah kopi, gula dan makanan yang berasa terlalu asin.

Itulah beberapa penyebab stress yang perlu Anda ketahui sekaligus Anda hindari.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document