Penyebab Keputihan Pada Wanita Hamil

Keputihan memang biasa terjadi pada masa kehamilan, baik pada kehamilan muda ataupun pada kehamilan tua. Memang gejala keputihan yang dialami biasanya merupakan keputihan normal yang ditandai keluarnya ciran bening melalui rongga vagina yang tidak berbau dan tidak berwarna. Namun demikian, wanita yang mengalami kehamilan juga hendaknya lebih waspada apabila keputihan yang dialami diiringi dengan bercak berwarna kemerahan. Secara umum terdapat beberapa penyebab keputihan pada wanita hamil yang perlu diketahui.

Apa saja penyebabnya?

Beberapa penyebab keputihan pada wanita hamil yang perlu diketahui sebagaimana diolah dari berbagai sumber terpercaya, yaitu:

  1. Perubahan hormonal. Ketika mengalami kehamilan hormon FSH dan LH akan diproduksi oleh hormon estrogen akibat aktivitas kelenjar hipofisa pada otak. Perubahan hormon ini secara tidak langsung juga mempengaruhi keseimbangan hormon estrogen dan progesteron, sehingga keputihan sebagai reaksi perubahan hormonal ini biasa terjadi.
  2. Terlalu capek. Aktivitas berlebih yang dilakukan oleh wanita hamil akan memicu kelelahan dan kekurangan elektrolit tubuh, sedangkan janin masih membutuhkan elektrolit tubuh yang disuplay lewat plasenta. ketidak seimbangan elektrolit antara janin dan tubuh ibu akan memancing timbulnya reaksi hormonal berupa keputihan.
  3. Konsumsi makanan. konsumsi jenis makanan tertentu yang berasal dari proses fermentasi seperti keju dan tape atau bahkan tempe pada masa kehamilan juga mempengaruhi keseimbangan hormonal sehingga keputihan pada masa kehamilan bisa saja terjadi.
  4. Perubahan pH. Perubahan derajat keasaman vagina dan rahim yang disebabkan oleh aktifitas hormon pertumbuhan dan perkembangan janin juga dapat menyebabkan keputihan.
  5. Stres dan depresi. Stres dan depresi yang terjadi pada masa kehamilan akan memicu timbulnya produksi hormon yang merusak komposisi keseimbangan hormon. Keputihan yang terjadi merupakan reaksi dari ketidak seimbangan hormonal atau terganggunya beberapa sistem kelenjar penghasil hormon.

Serangkaian penyebab keputihan pada wanita hamil di atas hendaknya selalu dipantau pada masa kehamilan agar keputihan yang terjadi tidak berkembang menjadi keadaan yang lebih parah, misalnya keputihan yang disertai dengan perdarahan. Segera lakukan tindakan pengobatan dan penanggulangan apabila diketahui keputihan yang terjadi diikuti dengan bercak darah, karena bisa saja terjadi keguguran ataupun timbulnya masalah pada perlekatan plasenta. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document