Penyebab dan Cara Mengatasi Cacar Air Pada Anak

Cacar air atau varicella simplex adalah penyakit yang disebabkan virus varicella zoster yang biasanya menyerang anak berusia sembilan bulan ke atas, dan jarang ditemukan pada orang dewasa. Gejala awalnya adalah demam, pilek, lesu, dan nyeri sendi pada kasus yang cukup parah. Setelah demam turun, akan muncul bintil-bintil di permukaan kulit. Bintil yang disebut vesikel ini berdinding tipis dan isinya cairan. Kemunculan vesikel ini disertai dengan rasa gatal luar biasa. Penyebab dan cara mengatasi cacar air pada anak perlu diketahui oleh para orang tua.

Masa aktif penularan penyakit ini adalah 2-3 hari sejak munculnya bintil pertama, dan 6-7 hari sejak munculnya bintil terakhir. Anak-anak yang terkena cacar air sebaiknya dikarantina agar tak menulari teman bermainnya. Jangan diperbolehkan berangkat sekolah dan biarkan ia beristirahat di rumah saja.

Pada umumnya, cacar air yang menyerang anak-anak tergolong ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya (self-limited disease). Cari tau penyebab dan cara mengatasi cacar air pada anak agar penyakit ini dapat ditangani dengan benar. Penyebab penyakit ini adalah virus dan tak ada yang dapat mengalahkan virus selain daya tahan tubuh. Seiring dengan meningkatnya daya tahan tubuh dari hari ke hari, virus cacar akan “kalah” lalu tubuh akan dengan tumbuh tanpa obat-obatan yang berlebihan.

Anak yang terkena cacar air sebaiknya banyak istirahat dan makanan bergizi sangat dibutuhkan agar tubuh dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan melawan virus. Jika bintil-bintil terasa gatal, baluri tubuh anak dengan bedak yang mengandung menthol agar anak merasa lebih nyaman. Anda juga bisa memberikan es krim untuk anak terutama jika bintil-bintil menyerang di sekitar bibir dan membuat anak enggan makan.

Pakaikan baju berlengan panjang agar bintil-bintil itu terhindari dari garukan tangan anak Anda. Ini karena bintil-bintil tersebut sebaiknya tidak pecah, sebab jika vesikel pecah, selain penyembuhannya menjadi lebih lama, bekas bintil susah hilang, dan meningkatkan risiko infeksi kuman karena lukanya terbuka. Anak yang sedang mengalami cacar air sebaiknya tetap mandi seperti biasa. Selain dapat menyingkirkan kuman dari tubuh, mandi juga berfungsi membersihkan, menyegarkan, dan memberikan rasa nyaman pada tubuh yang sedang sakit. demikian penyebab dan cara mengatasi cacar air pada anak, semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document