Penyakit yang Timbul Karena Banjir

Banjir memang merupakan salah satu bencana alam yang bisa saja disebabkan oleh faktor manusia ataupun bisa juga disebabkan oleh faktor alam. Banjir yang disebabkan oleh alam antara lain terjadinya banjir bandang yang disebabkan oleh gelombang air laut misalnya tsunami atau gelombang pasang laut. Sedangkan salah satu banjir yang disebabkan oleh faktor manusia antara lain penggundulan hutan, pembuangan sampah pada saluran air ataupun perencanaan pembangunan komplek tempat tinggal yang tidak memperhitungkan daerah resapan air. Seperti halnya bencana yang lainnya, banjir juga mengakibatkan banyak sekali dampak negatif bagi kehidupan manusia dan salah satunya adalah timbulnya berbagai macam penyakit. Apa saja jenis penyakit yang timbul karena banjir?

Berikut ini beberapa jenis dan macam penyakit yang timbul karena banjir, yaitu:

  • Penyakit kulit
    Beberapa jenis penyakit kulit yang biasa menyerang ketika terjadi banjir adalah gatal-gatal hingga kudis. Kuman penyakit penyebab gatal-gatal ini disebabkan oleh meluapnya saluran air kotor tempat bersarang kuman ini dan masuk kedalam rumah.
  • Diare dan disentri
    Penyakit ini disebabkan oleh bakteria e-colli yang biasanya terdapat pada kotoran. Ketika terjadi banjir, kotoran manusia ataupun kotoran hewan lain yang biasanya ditemukan pada saluran sungai ikut terbawa oleh aliran air yang meluap dan akhirnya terjadi kontak dengan manusia.
  • Leptospirosis
    Leptospirosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kontaminasi kotoran ataupun air seni tikus. Ketika terjadi banjir, kotoran ataupun air seni tikus ikut terbawa oleh aliran air dan akhirnya mengkontaminasi manusia.
  • Cacingan
    Cacingan disebabkan oleh telur cacing yang biasanya hinggap pada daerah bawah kuku. Ketika terjadi banjir, telur dan larva cacing mungkin saja ikut terbawa oleh aliran air dan secara tidak sengaja tertelan ataupun terhisap.

Sebagai tindakan pencegahan agar penyakit yang timbul karena banjir ini tidak sampai menyerang atau menjangkiti manusia, ada baiknya melakukan tindakan seperti meninggalkan daerah banjir atau mengungsi, segera lakukan pembersihan tubuh setelah terkena banjir misalnya dengan mandi atau mencuci badan dan kaki dengan air bersih dan sabun serta tidak ada salahnya mengkonsumsi obat anti cacing. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document