Penyakit Jantung Bawaan Pada Bayi Prematur

Penyakit jantung atau penyakit jantung bawaan merupakan salah satu bentuk yang paling umum cacat bayi dari lahir dan tidak diketahui penyebabnya. Masalah jantung berkembang selama 8 minggu pertama sejak pertumbuhan janin didalam rahim ibu bahkan sering juga terjadi sebelum calon ibu tersebut mengetahui jika dia sedang hamil. Karena itu banyak wanita merasa bahwa merekalah yang bertanggung jawab atas masalah jantung pada bayi mereka.

Masalah jantung bisa menjadi sangat parah hingga membutuhkan tindakan pembedahan dan atau obat-obatan, tetapi bisa juga masalah terselesaikan karena akan sembuh dengan sendirinya seiring waktu. Patent Ductus Arteriosus (PDA) atau Atrial Septal Defect (ASD) adalah contoh dari penyakit jantung yang dapat menutup sendiri tanpa campur tangan medis. Pada bayi prematur jenis masalah ini dapat mengancam jiwa tergantung pada tingkat keparahan dan mungkin memerlukan intervensi medis yang serius.

PDA adalah penyakit jantung paling umum diantara bayi prematur. Sebelum bayi lahir ada pembukaan antara dua pembuluh darah yaitu arteri pulmonalis dan arteri aorta yang memungkinkan darah untuk bercampur. Pembukaan ini menutup segera setelah bayi lahir, menjaga darah agar tidak kembali lagi ke paru-paru. Namun pembukaan ini tidak memiliki kesempatan untuk menutup saat bayi tidak cukup bulan saat dilahirkan dan lubang ini biasanya akan  menutup dengan sendirinya pada saat bayi prematur tadi sudah cukup bulan.

PDA didiagnosis dengan menggunakan metode yang berbeda. Sebuah riwayat medis lengkap, fisik, elektrokardiogram, ekokardiogram, X-ray lengkap, atau kateterisasi jantung adalah metode yang paling umum digunakan untuk menentukan PDA. Pengobatan sering dilakukan untuk mengatasi kasus PDA ini , tetapi jika bayi prematur tidak merespon baik terhadap obat, pembedahan adalah jalan yang mesti ditempuh untuk menutup pembukaan katup tadi.

Bayi prematur perempuan lebih besar kemungkinannya untuk mengalami PDA dari pada laki-laki dan beberapa gejala  dari penyakit  ini adalah napas cepat (takipnea), denyut jantung cepat (takikardia), pembesaran jantung, berkeringat (diaforesis), kebiruan pada kulit dan membran mukosa (sianosis), suara jantung tidak stabil (gemuruh/getaran/jantung berdetak double)

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document