Pentingnya Memisahkan Tempat Tidur Anak dengan Orang Tua

Idealnya ketika anak menginjak usia di atas lima tahun, tempat tidur anak dan orangtua hendaknya dipisahkan. Memisahkan tempat tidur anak dengan orangtua juga akan berpengaruh pada proses tumbuh-kembang anak, khususnya dalam bidang psikologis, mental dan emosional. Ketahui dengan benar beberapa data dan fakta pentingnya memisahkan tempat tidur anak dengan orangtua yang bisa dijadikan pertimbangan.

Data dan fakta

Berikut ini beberapa data dan fakta pentingnya memisahkan tempat tidur anak dengan orangtua yang diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Mandiri. Dengan memisahkan tempat tidur anak dengan orangtua, anak akan terbiasa mandiri dan bertanggungjawab dengan keadaan tempat tidurnya. Ajarkan pada anak bahwa anak sudah memiliki kewajiban dan tanggungjawab untuk menjaga kebersihan dan kerapian tempat tidurnya.
  • Psikologis. Secara psikologis, anak akan merasa lebih siap dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya serta tidak akan kaget apabila mendapatkan tugas ataupun kewajiban lain yang lebih berat karena anak sudah terbiasa mandiri dan bertanggungjawab terhadapa kegiatan apapun.
  • Pencegahan. Memisahkan tempat tidur anak dengan orangtua juga dimaksudkan sebagai tindakan pencegahan “ketahuan” apabila kedua orangtua sedang melakukan aktifitas “intim”. Tentu akan timbul perasaan tidak nyaman apabila aktifitas “intim” ini secara tidak sengaja diketahui oleh anak.
  • Kenyamanan. Tentu rasa nyaman beristirahat akan berkurang apabila satu ranjang digunakan bersama-sama antara orangtua dan anak. Apabila dibiarkan, rasa tidak nyaman ini akan menyebabkan penurunan kualitas istirahat yang berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan.
  • Privasi. Dengan memisahkan tempat tidur anak dengan orangtua, anak akan belajar mengenal privasi atau hak individu untuk merdeka, tidak ingin diganggu dan diketahui rahasianya oleh individu lainnya. Orangtua tidak akan mengganggu privasi anak dan demikian juga sebaliknya, anak akan belajar untuk menghormati privasi orang lain.

Namun demikian, pentingnya memisahkan tempat tidur anak dengan orangtua juga tetap harus memperhatikan kondisi fisik rumah yang ditempati dalam satu keluarga. Kerap dijumpai berbagai tipe rumah yang berukuran sangat sempit sehingga tidak mungkin memisahkan tempat tidur anak dengan orangtua karena kurang besarnya lahan tempat tinggal. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document