Pengertian Asuransi Kesehatan

Saat ini berbagai jenis penyakit bermunculan dan membuat kita resah. Padahal, biaya untuk rumah sakit, dokter, dan obat-obatan tidaklah murah. Untuk itulah, saat ini masyarakat mulai melek akan manfaat asuransi kesehatan. Namun, sebelum kita memutuskan untuk mengambil sebuah asuransi kesehatan, ada baiknya kita memahami pengertian asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan adalah suatu layanan yang meng-cover segala biaya yang berhubungan dengan kesehatan, baik keseluruhan maupun membayar sebagian saja. Nah, lebih dalam, pengertian asuransi kesehatan ini dibedakan berdasarkan jenis asuransi kesehatan yang ada.

Asuransi kesehatan yang pertama adalah asuransi kesehatan dari pemerintah. Di Indonesia, kita mengenal ASKES yang biasa dimiliki oleh Pegawai Negeri Sipil, atau bila di Jakarta, dikenal sebagai Jamkesmas. Pada jenis ini, biaya pengobatan, rumah sakit, dokter, atau pemeriksaan, dibiayai oleh pemerintah. Hanya saja, tidak semua rumah sakit atau dokter melayaninya. Ada beberapa rumah sakit dan dokter yang ditunjuk khusus untuk melayani para pengguna asuransi kesehatan ini. Selain itu, untuk ke rumah sakit, biasanya pasien harus mendapatkan surat rujukan dahulu dari dokter Askes.

Asuransi kesehatan yang kedua adalah asuransi kesehatan yang berdasarkan premi. Ini bisa didapatkan dengan beberapa cara. Misalkan saja dari perusahaan yang menyediakan asuransi kesehatan. Atau bisa juga kita membeli asuransi kesehatan. Dalam jenis ini, pengertian asuransi kesehatan adalah sebuah kontrak antara perusahaan asuransi dengan pemilik polis (dalam hal ini kita atau kantor yang memfasilitasi kita), kontrak ini memiliki jangka waktu dan mengharuskan pemilik polis untuk melakukan pembayaran sejumlah uang secara teratur (premi) sesuai dengan yang sudah dihitung oleh perusahaan untuk menjamin kesehatan pengguna polis.

Setiap perusahaan asuransi kesehatan memiliki beberapa model asuransi kesehatan. Bahkan saat ini ada yang menawarkan asuransi kesehatan bersamaan dengan investasi. Namun, pada dasarnya yang harus diperhatikan adalah apa yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan tersebut. Baik dari pemeriksaan, dokter, obat-obatan, jenis penyakit yang ditanggung, check up, pemeriksaan mata dan gigi, hingga bagaimana kemudahan proses reimburse atau proses klaimnya.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document