Pendidikan Karakter Anak

Banyak orangtua yang tidak menyadari pentingnya pendidikan karakter anak. Padahal apabila anak dibiarkan tumbuh dan berkembang tanpa pendidikan karakter yang positif, bisa saja menimbulkan berbagai dampak negatif. Berbagai dampak negatif yang timbul dan dibiarkan tanpa penanganan, akan berpotensi menimbulkan hambatan ketika anak mencapai usia dewasa kelak di kemudian hari. Apa saja sebenarnya tujuan dan manfaat pendidikan karakter positif yang diterapkan pada anak?

Tujuan dan manfaat

Berikut ini akan disampaikan beberapa tujuan dan manfaat pendidikan karakter anak sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Cegah mental block. Mental block adalah suatu karakter yang menghambat pencapaian cita-cita pribadi anak kelak di kemudian hari. Mental block ini dapat berupa suatu sugesti negatif yang secara tidak sadar dilakukan oleh orangtua.
  • Cegah pola pikir negatif. Pola pikir negatif merupakan pola pikir yang didasarkan pada perasaan akan rendahnya harga diri yang dimiliki. Apabila dibiarkan berlarut-larut, anak akan selalu memandang negatif lingkungan sekitarnya dan dirinya.
  • Mandiri. Anak akan dibiasakan untuk melakukan segala sesuatunya secara mandiri dan berusaha untuk selalu berjuang manghadapi segala permasalahan yang tengah terjadi.
  • Pantang menyerah. Pendidikan karakter yang kuat akan menumbuhkan perasaan pantang menyerah. Kesalahan dan kegagalan yang terjadi akan dapat diubah menjadi suatu keberhasilan.
  • Cegah introvert. Menutup diri terutama pada lingkungan keluarga dan orangtua merupakan suatu tindakan yang disebabkan oleh perasaan rendahnya harga diri anak. Introvert bisa juga dipicu oleh hilangnya rasa percaya, keamanan dan kenyamanan anak kepada keluarga.
  • Cegah menarik diri. Menarik diri dalam pergaulan sosial dengan teman sebaya merupakan salah satu pertanda terjadinya penurunan kepercayaan pada diri sendiri dan biasanya disebabkan karena kurangnya penghargaan dari lingkungan sosial anak.

Ada baiknya jika pendidikan karakter anak yang bersifat positif selalu melibatkan kedua orangtua sebagai anggota keluarga yang paling dekat, sehingga anak akan merasa mendapat dukungan dan perhatian. Namun demikian akan lebih baik apabila dukungan dan perhatian yang diberikan orangtua hendaknya tidak berlebihan yang justru akan berpotensi menghambat pola pikir anak. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document