Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Mungkin sudah banyak yang memahami pengertian dari anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan anak kebanyakan. Namun demikian anak berkebutuhan khusus terkadang tidak selalu mengacu kepada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik yang seringkali menjadi kesalahan interpretasi masyarakat umum. Dalam hal aktifitas belajar atau menimba ilmupun sebenarnya anak berkebutuhan khusus belum tentu dan tidak selalu mengalami problem. Namun barangkali yang menjadi problem adalah ketika anak berkebutuhan khusus ini melakukan interaksi dengan teman sebayanya dalam sebuah sistem pendidikan reguler. Untuk menghindari terjadinya permasalahan ini, perlu kiranya dipertimbangkan sebuah program pemerintah untuk pendidikan anak berkebutuhan khusus beserta faktor pendukungnya agar persentase keberhasilan pendidikan dapat mengalami peningkatan.

Apa saja faktor pendukung dan penentunya?

Berikut ini beberapa faktor pendukung dan penentu keberhasilan pembelajaran pendidikan anak berkebutuhan khusus sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Kemampuan anak
    Kenali dengan benar kemampuan dan kelemahan tiap anak. Kemampuan dan kelemahan anak akan berbeda antara satu dengan yang lain, sehingga metode pembelajaran juga akan berbeda.
  • Kecerdasan kognitif
    Kenali dengan benar kecerdasan kognitif yang dimiliki tiap anak, beberapa anak bisa saja memiliki kecerdasan kognitif lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain sehingga mempengaruhi metode pembelajaran.
  • Kemampuan berbahasa
    Kenali dengan benar kemampuan berbahasa yang dimiliki tiap anak, sehingga efektifitas metode penyampaian materi pembelajaran dapat disesuaikan dengan kondisi ini.
  • Interaksi sosial
    Tidak semua anak berkebutuhan khusus mempunyai interaksi sosial yang buruk sehingga metode pembelajaran paling tepat dapat ditentukan melalui serangkaian tugas kelompok atau grup.
  • Kreatifitas
    Semakin tinggi tingkat kreatifitas anak, semakin besar pula peluang keberhasilan pendidikan yang akan ditempuh oleh anak berkebutuhan khusus ini.

Demikianlah beberapa faktor pendukung dan penentu keberhasilan pembelajaran pendidikan anak berkebutuhan khusus. Akan lebih baik apabila pendidikan anak berkebutuhan khusus ini memiliki sistem pembelajaran terintegrasi dengan pendidikan reguler sehingga perkembangan mental anak berkebutuhan khusus ini berkembang ke arah yang positif. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document