Pencegahan Mual dan Muntah pada Anak

Bagi anak anak, penyakit mual, kejang perut dan muntah adalah hal yang kadang terjadi, terlebih apabila menginjak musim hujan atau musim dingin. Kondisi tubuh yang kurang kuat menahan keadaan alam yang demikian menjadikan anak mengalami masuk angin dan mual-mual hingga menyebabkan muntah dan kejang perut.

Sebagai orang tua, kita pasti akan merasa khawatir dengan kondisi anak yang menderita penyakit mual dan muntah tersebut. Namun sebetulnya apabila kita memiliki kesiapan dalam mengatasinya, maka hal itu tidak perlu dikhawatirkan!

Artikel kali ini akan menjelaskan tentang cara pencegahan penyakit mual dan muntah pada anak. Semoga dengan penjelasan sederhana ini, Anda bisa menjadi orang tua yang pandai dalam mengatasi gangguan kesehatan tersebut.

Mengingat cuaca yang semakin ekstrim seperti sekarang, terlebih di musim hujan, maka orang tua perlu melakukan tindakan preventif atau pencegahan agar anak jangan sampai mengalami gangguan kesehatan. Tindakan yang bisa dilakukan antara lain :

  1. Memastikan tubuh anak tetap hangat dan tidak mudah masuk angin. Misalnya dengan memakaikan jaket, sepatu tertutup, memandikan dengan air hangat, mengusapkan minyak telon atau kayu putih ke seluruh badan anak terutama bagian perut dan punggung.
  2. Menjaga pola makan dan menu makan yang diberikan. Makanan menjadi faktor penting yang menyebabkan penyakit mual dan muntah pada anak. Menu makanan yang tidak disukai anak akan membuat nafsu makannya berkurang, dan pola makan yang tidak teratur akan menyebabkan sistem pencernaannya tidak normal sehingga menyebabkan mual. Jangan pula memberikan makanan dalam porsi yang terlalu banyak hanya karena anak tersebut lahap memakannya, karena lambung yang terlalu penuh akan membuat potensi muntah semakin besar.
  3. Hindari membawa anak keluar rumah apabila tidak terlalu penting. Kegiatan jalan jalan, sekedar main atau rekreasi sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan di musim hujan karena cuaca dingin dan angin sangat memungkinkan anak untuk terserang sakit.

Demikianlah beberapa cara pencegahan penyakit mual dan muntah pada anak fyang bisa Anda lakukan sedini mungkin. Untuk cara mengatasi penyakit tersebut silahkan baca juga artikel tentang Cara Pencegahan Penyakit Mual Dan Muntah.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document