Payudara Mengecil setelah Menyusui

Apakah Anda salah satu dari banyak wanita yang risau karena mengalami hal demikian? Anda tidak perlu khawatir, meski sangat mengganggu – mengurangi rasa percaya diri, hal ini tidaklah berbahaya dari segi kesehatan dan dapat diperbaiki. Mengecilnya payudara setelah menyusui, yang biasanya juga diiringi dengan mengendurnya payudara adalah terjadi secara alami. Perlu diketahui bahwa komposisi payudara bermacam-macam. Di antaranya, kelenjar lemak, kelenjar susu, saluran kelenjar, kelenjar limpha, yang semuanya itu diatur oleh sistem saraf dan hormonal. Hormon esterogen adalah hormon yang paling berpengaruh terhadap perkembangan payudara. Nah..perubahan bentuk payudara tersebut bisa terjadi, karena perubahan dari komposisi payudara dan juga pengaruh dari hormon esterogen.

Lantas, bagaimanakah cara untuk mengembalikan bentuk dan ukuran payudara setelah menyusui?

Bunda dapat mencoba beberapa tips sebagai berikut:

  1. Mengkonsumsi buah dan sayur.
    Buah dan sayur adalah bahan makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan zat penting lainnya. Mengkonsumsinya dalam jumlah cukup tentu akan sangat baik bagi tubuh, termasuk payudara. Adapun jenis buah yang diyakini dapat membantu mengencangkan payudara adalah Pepaya.
  2. Berolahraga.
    Olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kebugaran, membantu mengencangkan otot-otot tubuh yang kendur, termasuk otot payudara. Lakukan jenis olahraga yang memaksimalkan pergerakan otot-otot sekitar payudara seperti pushup, dan mengangkat buble. Anda juga dapat melakukan gerakan senam ringan dengan melatih otot-otot sekitar payudara, seperti menggerak-gerakan tangan ke atas ke bawah, tarik dorong atau menyamping, lakukan secara rutin setiap pagi.
  3. Menggunakan krim payudara.
    Gunakan krim yang kaya akan vitamin E untuk membantu mengembalikan kekenyalan payudara.
  4. Melakukan pijatan payudara.
    Pijatan payudara akan melatih otot-otot payudara sehingga akan lebih kencang. Gunakan krim payudara atau minyak essensial seperti minyak zaitun ketika melakukan pijatan payudara. Anda dapat melakukan pijatan dengan arah memutar.
  5. Memakai Bra yang sesuai.
    Hal ini sering kali tidak diperhatikan oleh banyak wanita. Selalu gunakan Bra yang nyaman, tidak sempit, pas untuk menopang payudara agar kekencangan payudara tetap terjaga. Jika otot payudara terasa tegang, dicirikan dengan pegal dibagian punggung, cobalah untuk merilekskan payudara dengan melepaskan Bra sesaat atau selama tidur. Otot yang rileks akan menambah kebugaran.
  6. Menyusui dengan benar.
    Ini merupakan tindakan pencegahan, sehingga mengecil atau mengendurnya payudara setelah menyusui dapat diminimalisir. Seringkali para wanita menyusui dengan cara menarik payudara kebawah Bra, ini diyakini dapat membuat payudara kendur karena ketika menyusui, payudara mendapat tambahan tekanan dari bra. Cobalah untuk mengangkat payudara keatas Bra. Sehingga bra akan membantu menopang payudara saat menyusui.

Demikian, info seputar payudara mengecil setelah menyusui, semoga bermanfaat…

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document