Nyeri Haid Pada Wanita

Dismenorea adalah suatu kondisi di mana seorang wanita mengalami nyeri selama periode menstruasi. Ini adalah gejala ginekologi yang paling umum dilaporkan oleh perempuan. Diperkirakan sekitar 50-90% dari wanita yang menstruasi akan menderita kondisi. Rasa sakit terjadi sesaat sebelum atau selama periode atau kadang-kadang dapat dimulai sebelum periode dan berlangsung sepanjang masa.

Beberapa studi menunjukkan bahwa sekitar 75% wanita muda dan 25-40% wanita dewasa menderita kondisi ini. Hingga 20% pada wanita, nyeri ini begitu parah sehingga mereka berhenti melakukan kegiatan sehari-hari mereka. Sekitar 40-50% wanita, melaporkan pernah absen dari kerja. Meskipun prevalensi tinggi dari kondisi ini dan dampaknya terhadap kualitas hidup dan kesejahteraan umum cukup mengganggu, namun hanya sedikit perempuan mencari bantuan medis untuk kondisi ini.

Ada dua jenis dismenorea:

  1. Dismenorea primer
  2. Dismenorea sekunder; Pada dismenorea sekunder, periode cenderung menjadi lebih menyakitkan setelah beberapa tahun periode normal. Beberapa kondisi yang hadir sebagai dismenorea sekunder adalah endometriosis, adenomiosis, uterus fibroid, polip endometrium, penyakit radang panggul, intrauterin dan lain-lain.

Pada kebanyakan wanita, menstruasi dikaitkan dengan ketidaknyamanan pada perut bagian bawah. Beberapa gejala yang paling umum adalah mual, muntah, nyeri tajam yang datang dan pergi, nyeri berdenyut, diare atau sembelit, pingsan, pusing, sakit kepala, kelelahan dan kelesuan. Selain itu, penting untuk mengetahui rasa sakit yang bervariasi dari kasus ke kasus dan wanita mungkin mengalami sakit punggung konstan seperti rasa nyeri, yang disebut “kongestif dismenorea” dan / atau kram nyeri seperti kontraksi, yang diberi nama “spasmodik dismenorea”.

Prostaglandin yang berlebihan mengakibatkan nyeri kram dan kejang. Dokter mungkin meresepkan obat seperti pengurang rasa sakit, pil anti inflamasi, pil kontrasepsi atau antibiotik untuk mengobati masalah yang mendasari. Pengobatan alami untuk pengobatan dismenorea dikenal untuk membantu meredakan rasa sakit selama periode menstruasi yang menyakitkan.

Beberapa solusi untuk periode menstruasi:

  • Mandi Air Hangat; dapat menenangkan dan membantu menjadi rileks. Hal ini juga membantu dalam mengurangi dari rasa sakit.
  • Botol Air Hangat; Cobalah menempatkan botol air panas atau bantal panas pada daerah perut bagian bawah di mana kram yang terjadi. Hal ini memberikan bantuan dari rasa sakit.
  • Pijat: Memijat perut bagian bawah dengan lembut dalam gerakan melingkar cahaya mungkin efektif untuk memberikan bantuan selama periode menstruasi yang menyakitkan.
  • Chamomile; teh chamomile dapat membantu menenangkan kram.
  • Yoga; Yoga atau meditasi dapat sangat bermanfaat dalam pengobatan periode menstruasi yang menyakitkan.
  • Jahe; Jahe adalah obat rumah yang efektif.
  • Peterseli; membantu dalam mengobati kram.
  • Cinnamon; mengandung antispasmodic dan anti inflamasi.
  • Basil; kemangi dalam teh dapat memberikan bantuan dari rasa sakit.
Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document