Nutrisi Untuk Perkembangan Otak Janin

Siapa yang tidak menginginkan anak tumbuh dengan cerdas? Dengan memiliki anak yang cerdas akan membuat kebanggaan tersendiri bagi setiap orang tua. Dan untuk mempersiapkan anak yang cerdas, harus mulai memberi nutrisi sejak bayi masih dalam kandungan. Oleh karena itu setiap ibu hamil sangat penting dalam memberi nutrisi untuk perkembangan otak janin.

Beberapa Jenis Nutrisi Untuk Perkembangan Otak Janin

Perlu diketahui, tidak semua makanan yang mengandung nutrisi berguna untuk perkembangan otak janin. Dan berikut ini beberapa jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin:

  1. Asam folat ; Pada awal kehamilan, seorang ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Jika tidak atau ibu hamil kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang merupakan vitamin B9, nantinya akan mengakibatkan bayi lahir dengan keterbelakangan mental atau lahir tanpa tempurung kepala. Asam folat itu sendiri ada pada kacang-kacangan, telur, ataupun buah-buahan.
  2. Protein ; Selain air, tubuh sangat membutuhkan protein. Apalagi protein turut ikut membantu mencerdaskan janin dengan pembentukan sel saraf. Dan jika tidak ada protein maka mustahil otak akan berjalan dengan sempurna.
  3. Yodium ; Yodium merupakan bahan baku hormone tiroid yang mempunyai fungsi mempercepat pembentukan yang dibutuhkan oleh janin. Selain itu, yodium juga dikenal sebagai zat pembentukan kecerdasan otak. Dan akibat dari kekurangan yodium pada janin, akan beresiko lahirnya bayi dengan cacat dan kecerdasan yang menurun. Untuk mendapatkan yodium ini, ibu hamil bisa mendapatkannya dari garam beryodium.

Makanan Penuh Nutrisi Untuk Perkembangan Otak Janin

Ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan penuh nutrisi untuk perkembangan otak janin agar tercipta anak yang cerdas di kemudian hari. Berikut ini beberapa yang bisa dikonsumsi setiap hari oleh seorang wanita hamil untuk nutrisi otak janin:

  1. Telur ; Telur kaya akan kolin yang manfaatnya sangat bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan otak. Bahkan lemak omega-3 yang terdapat pada telur sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pengembangan otak dan mata. Akan tetapi, bagi wanita hamil yang juga memiliki penyakit kolesterol, jangan terlalu sering untuk mengkonsumsi telur karena telur memiliki kolesterol yang tinggi. Dan jika ibu hamil tidak memiliki riwayat penyakit kolesterol, ibu hamil tersebut bisa mengkonsumsi satu hingga dua butir telur setiap hari.
  2. Ikan Salmon ; Ikan salmon sangat baik dikonsumsi oleh siapa aja, termasuk untuk ibu hamil. Ikan salmon yang dikenal kaya akan protein terbaiknya juga ternyata merupakan sumber lemak omega-3 yang sangat bagus untuk pertumbuhan otak janin. Selain itu, tingkat kandungan merkuri di dalam ikan salmon sangat rendah jika dibandingkan dengan ikan-ikan jenis yang lain. Akan tetapi jangan juga terlalu banyak mengkonsumsi ikan salmon ini, cukup 12 ons per minggunya untuk terhindar dari bahaya zat merkuri yang terdapat pada ikan.
  3. Walnut ; Bagi ibu hamil yang tidak menyukai ikan ataupun telur, bisa mencoba walnut yang bisa dijadikan pilihan sebagai makanan ringan atau sebagai bahan salad. Karena walnut merupakan salah satu sumber dari nabati yang kaya omega-3 yang sangat baik untuk pertumbuhan otak janin.

Jadi, jangan pernah mengabaikan nutrisi untuk perkembangan otak janin karena jika janin diberi asupan nutrisi yang sehat, maka akan tercipta masa depan anak-anak yang pintar dan cerdas. Dan ibu pun juga akan turut bangga karena melahirkan seorang anak yang cerdas.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document