Nutrisi Untuk Perkembangan Otak Anak

Setiap orang tua menginginkan anak tumbuh secara optimal, cerdas, memiliki prestasi di sekolah serta mudah bersosialisasi. Tapi hal tersebut bisa diwujudkan jika perkembangan otak serta fungsinya bekerja dengan baik. Dan itu artinya otak membutuhkan asupan nutrisi untuk perkembangan otak anak setiap harinya agar berfungsi dan berkembang dengan optimal.

Jenis Nutrisi Untuk Perkembangan Otak Anak

Berikut ini beberapa jenis nutrisi untuk perkembangan otak anak serta manfaatnya:

  1. Karbohidrat ; Manfaat karbohidrat untuk otak adalah membantu anak untuk berfikir serta membantu anak untuk mudah mengingat.
  2. Protein ; Manfaat zat protein untuk otak adalah untuk mempercepat pembentukan sel-sel otak yang baru dan membatu sel-sel otak berkomunikasi dengan sel-sel otak lainnya.
  3. Asam Lemak Omega-3 dan Asam Lemak Omega-6 ; Asam lemak omega-3 bermanfaat membantu perkembangan sel otak itu sendiri dan membantu perkembangan sistem penglihatan manusia. Sedangkan asam lemak omega-6 bermanfaat untuk membantu mempercepat hantaran komunikasi atau perintah dari sel saraf yang satu ke sel saraf yang lainnya. Dan ini berlaku juga untuk sel-sel otak.
  4. Vitamin B ; Ada 3 vitamin B yang sangat berguna untuk otak. Vitamin B1 bermanfaat untuk melindungi sel-sel saraf, vitamin B3 bermanfaat untuk membantu menjaga keseimbangan sel-sel saraf yang bekerja, dan vitamin B12 bermanfaat untuk membantu pertumbuhan sel, mencegah terjadinya kerusakan, serta meningkatkan daya ingat anak.
  5. Vitamin C ; Vitamin C berfungsi untuk membantu terjadinya pembentukan sel-sel saraf yang ada di otak besar.
  6. Kalsium ; Nutrisi kalsium berfungsi untuk membantu terjadinya pembentukan percabangan pada sel-sel saraf yang ada di dalam otak anak.
  7. Zat Besi ; Manfaat zat besi untuk otak adalah membantu pembentukan sel-sel saraf baru terutama pada otak anak.

Makanan Super Nutrisi Untuk Perkembangan Otak Anak

Para ahli di bidang nutrisi telah meneliti dan akhirnya merekomendasikan beberapa makanan ini sebagai makanan untuk merangsang pertumbuhan anak, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak walau usianya masih dini. Dan berikut beberapa makanan super nutrisi yang direkomendasikan untuk perkembangan otak anak:

  1. Ikan Salmon ; Menurut para ahli nutrisi, ikan salmon merupakan ikan yang merupakan sumber paling bagus untuk asam lemak omega-3, DHA, dan EPA yang mana 3 nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk perkembangan fungsi otak. Jika anak rutin mengkonsumsi ikan salmon dua kali dalam seminggu, maka daya kerja otak anak akan menjadi lebih baik. Tapi jangan terlalu sering juga untuk memakan ikan salmon ini untuk menghindari bahaya merkuri walau merkuri dalam ikan salmon tergolong paling rendah dibandingkan dengan ikan-ikan yang lain.
  2. Telur ; Sumber protein yang terbaik ada pada telur. Kuning telur itu sendiri merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Jadi, cobalah untuk memastikan anak  mengkonsumsi telur minimal satu kali dalam sehari.
  3. Susu dan Yogurt ; Susu dan yogurt memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang sangat dibutuhkan sebagai energi bagi otak. Jika anak  tidak menyukai susu, bisa memberinya yogurt yang bisa dicampur dengan kacang ataupun buah berri.
  4. Daging Sapi ; Cobalah untuk mulai memberi anak daging sapi. Atau  bisa juga membeli abon daging sapi. Karena daging sapi memiliki kandungan zat besi yang sangat banyak yang sangat bermanfaat untuk membantu anak berkonsentrasi dengan baik dan juga meningkatkan daya ingat anak.

Jadi, mulai sekarang, masukkan makanan super nutrisi untuk perkembangan otak anak ke dalam menu makanan anak setiap hari agar anak  menjadi lebih berprestasi dan membanggakan.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document