Mual Muntah Pada Kehamilan

Mual dan muntah adalah gejala yang wajar pada kehamilan. Sekitar 50-90% dari ibu hamil mengalami kejadian ini. Sekitar 1-2 % mengalami mual dan muntah berlebihan sehingga mengganggu aktivitas keseharian ibu. Mual dan muntah berlebihan ini disebut Hiperemesis gravidarum. Hiperemesis gravidarum menyebabkan ibu mengalami gangguan penyerapan nutrisi.

Beberapa penyebab mual dan muntah adalah:

  • Perubahan Hormon
    Perubahan hormon terjadi pada ibu hamil hingga menyebabkan perubahan fisik. Hormon yang paling berpengaruh adalah Progresteron , Estrogen dan HCG (Human Chorionic Gonadotropin). Hormon Progresteron meningkatkan asam lambung yang mengakibatkan timbulnya mual. Hormon HCG dan esterogen yang meningkat memicu bagian otak yang mengontrol mual dan muntah.
  • Adanya Infeksi
    Mual dan muntah berlebihan yang terjadi setelah trimester pertama dicurigai disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori, bila tidak segera diatasi maka akan menyebabkan Hiperemesis gravidarum. Hiperemesis gravidarum menyebabkan ibu kekurangan nutrisi , kekurangan cairan, gangguan elektrolit, lemah dan lemas karena apapun yang dimakan ibu akan dimuntahkan. Bila kejadian ini berlarut-larut maka ibu akan kehilangan berat badan sebanyak 2-3 kg pada trimester kedua, hal ini juga mengganggu aktivitas sehari-hari terutama saat bekerja. Selain ibu, janin juga terkena dampaknya sehingga  janin tidak berkembang karena kekurangan nutrisi yang seharusnya didapat dari sang ibu.
  • Kondisi Psikologi
    Selain perubahan fisik ibu hamil juga mengalami perubahan secara psikologi. Kondisi ibu menjadi tidak stabil, penyebabnya antara lain adalah keinginan untuk diperhatikan oleh suami, tidak siap hamil, kehamilan diluar nikah, kondisi ekonomi, ketakutan berlebihan  dan stress. Kondisi tersebut secara tidak langsung memicu mual dan muntah.

Yang terpenting dari semuanya itu adalah ingatlah untuk menghubungi dokter bila mual dan muntah terjadi berlebihan hingga tidak ada makan atau minuman yang bisa masuk. Jangan menyerah pada keadaan karena Morning sick akan segera berlalu tanpa Ibu sadari. Untuk penambah semangat maka ingatlah akan bayi yang ada dalam kandungan, bila masa-masa kehamilan dapat diatasi maka Ibu bisa melahirkan bayi yang sehat dan membawa kebahagiaan bagi seluruh keluarga.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document