MPASI dan Tahap Kesiapan Bayi

Masih banyak yang beranggapan bahwa pemberian ASI saja tidak cukup bahkan sebelum bayi berusia 6 bulan. Hasil survei menunjukkan, lebih dari 50% ibu menyusui di Indonesia telah memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) saat umur bayinya berusia kurang dari satu bulan. Padahal, berdasarkan hasil penelitian Pusat Penelitian dan Perkembangan Gizi dan Makanan di bawah naungan Departemen Kesehatan, ASI eksklusif tetaplah makanan terbaik bagi bayi selama 6 bulan. Dari hasil penelitian tersebut, didapatkan hasil bahwa pemberian MPASI yang terlalu cepat dapat mengakibatkan gangguan pertambahan panjang dan berat badan si mungil.

Dalam sebuah seminar medis, dr.Sri Nasar, Sp (A)K mengungkapkan bahwa berdasarkan penelitian WHO, 2/3 kematian bayi diakibatkan karena pemberian makanan dengan pola yang salah. Idealnya, MPASI mulai diberikan saat usia bayi menginjak 4-7 bulan, yang terbaik adalah saat usia 6 bulan. Pemberian pola makan yang salah tersebut diantara adalah pemberian MPASI terlalu dini.

Makanan Pendamping ASI: Kapan Harus Diberikan?

Bayi akan memberikan tanda-tanda kesiapan saat usianya mulai menginjak 6 bulan. Oleh karena itu, makanan pendamping ASI diberikan setelah bayi berusia 6 bulan. Adapun kesiapan yang ditunjukkan oleh bayi adalah sebagai berikut:

1. Kesiapan Psikologis

  • Bayi menunjukkan tanda lapar (menangis, mencondongkan tubuh ke arah makanan) meskipun sudah diberi ASI secara optimal
  • Bayi menunjukkan eskpresi tertarik pada makanan yang anda ‘pamerkan’
  • Saat merasa kenyang atau tidak mau makan, bayi akan memalingkan wajahnya atau bergerak menjauh dari makanan
  • Bayi menjadi lebih mandiri dan eksploratif
  • Saat kenyang, bayi enggan membuka mulut. Ia lebih memilih memainkan sendok atau memainkan makanannya

2. Kesiapan Fisik

  • Bayi bisa duduk dan bersandar
  • Mampu menjaga keseimbangan badan saat duduk
  • Bayi bisa menahan kepalanya dengan stabil dalam posisi duduk tegak.
  • Bayi menunjukkan kemauan untuk makan dengan membuka mulutnya
  • Kebiasaan muntah secara refleks sudah berkurang atau menghilang

Berikan MPASI Secara Tepat Waktu

Untuk mendukung pertumbuhan optimal bayi, orang tua harus memberikan MPASI tepat waktu.  Hal ini juga bermanfaat pada segi psikologis bayi. Bayi yang diberi ASI eksklusif saat 6 bulan pertama akan lebih dekat dari segi emosional pada sang Ibu.  Sedangkan pemberian ASI yang terlambat juga beresiko akan membuat anak nantinya menjadi pilih-pilih terhadap makanan. Tepung beras baik digunakan sebagai makanan pendamping ASI karena resiko alerginya kecil. Pilih tepung beras yang berasal dari beras pecah kulit karena kandungan karbohidrat dan gizinya lebih tinggi.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document