Mitos Ibu Hamil

Saat Anda sedang hamil, Anda tentu sering mendengar hal tentang ini-itu yang mustahil. Semua dipercaya akan mempengaruhi Anda atau calon bayi Anda jika dilakukan atau tidak dilakukan. Ya, itulah mitos, mitos ibu hamil yang boleh Anda percayai atau pun tidak Anda percayai. Namun yang jelas, semuanya tidak mempunyai dasar dan bukti yang kuat karena mitos tersebut ada berdasarkan cerita yang terjadi secara turun temurun sehingga seolah-olah memang benar. Apa saja mitos-mitos tersebut? Mari kita baca dalam uraian berikut ini.

Wanita Hamil Tidak Boleh Naik Kapal Terbang
Wanita hamil tidak boleh naik kapal terbang karena akan memengaruhi janin yang dikandungnya. Hal ini benar pada usia tertentu, bukan pada seluruh usia kehamilan. Pada di awal kehamilan memang diharapkan wanita hamil tidak naik pesawat karena usia kandungan masih riskan dengan kondisi lingkungan, tekanan yang berbeda secara drastic. Selain itu tidak diperbolehkannya terbang itu lebih pada wanita hamil tua, dengan alasan takutnya dia melahirkan saat sedang terbang dan tidak ada orang yang bisa menolongnya. Biasanya hal ini bisa diminimalisir dengan pendampingan dari awak kapal jika memang ibu hamil tetap harus melakukan perjalanan melalui pesawat.

Wanita Hamil Harus Jauh dari Hewan Peliharaan
Hal ini tidak benar karena tidak semua hewan peliharaan berbahaya. Hanya hewan peliharaan yang kotorlah yang akan akan membahayakan ibu hamil. Selain itu, ada juga hewan yang bisa menyebarkan parasit toksoplasma seperti misalnya kucing dan anjing. Nah, wanita hamil bisa memilih hewan peliharaan yang paling aman dan tidak semua hewan peliharaan harus dijauhi, tinggal bijak memilih hewan mana yang paling tidak memberikan bahaya bagi dirinya dan janin yang sedang dikandung.

Wanita Hamil Tidak Boleh Makan Ikan Salmon, Sushi, dan Hotdog.
Hal ini salah karena salmon kaya akan omega 3 dan DHA yang justru baik untuk ibu hamil. Pemilihan cara masaknya yang lebih diutamakan. Daging yang berbahaya adalah daging yang dimasak dengan setengah matang sehingga kurang matangnya daging itu akan membuatnya menjadi mengandung bakteri dan tentu saja hal ini akan membahayakan janin yang dikandung. Sushi salmon, hiu, makarel, dan ikan tidak tidak disarankan karena ditakutkan mengandung bakteri dan juga logam berat. Dan hotdog dengan pemasakan yang baik juga baik untuk kesehatan wanita hamil. Jadi, yang harus ditekankan dalam hal ini adalah bagaimana memasaknya, selain juga harus membersihkannya dengan baik juga harus memastikan bahwa dagingnya telah matang bukan setengah matang. Kalau sudah begitu, ikan jenis apapun aman untuk dimakan oleh ibu hamil.

Wanita Hamil Tidak Boleh Mengecat/Mewarnai Rambutnya.
Hal ini salah karena tidak semua jenis cat rambut berbahaya. Cat rambut dari bahan alami (seperti dari daun henna) bisa dipakai, yang dianggap berbahaya adalah jika menggunakan cat rambut yang berbahan kimia karena bukan hanya membahayakan rambut juga zat kimianya bisa membahayakan janin yang dikandung.

Wanita Hamil Tidak Boleh Meminum Kopi.
Hal ini salah karena yang benar adalah pengaturan jumlahnya. Jika ingin kopi minumlah sedikit saja. Secangkir sehari masih aman untuk bayi yang ada di dalam rahim.

Berjalan Kaki Akan Membuat Cepat Proses Persalinan
Hal ini salah karena menururt berbagai penelitian, berjalan kaki itu hanya menyehatkan ibu hamil dalam hal pernafasan tetapi tidak membuat cepat proses persalinan.

Ibu Hamil Makan untuk Dua Orang
Hal ini salah karena jumlah kalori yang dibutuhkan saat mengandung tidak sama dengan jumlah kalori untuk 2 orang. Bayi dalam kandungan hanya perlu tambahan 300 kalori saja. jika makan untuk 2 orang hanya akan membuat bayi gendut. Dan bayi yang gendut di dalam kandungan tidak berarti bayi yang sehat. Bahkan bayi ini bisa membahayakan persalinan.

Wanita Hamil Tidak Boleh Makan Makanan Pedas
Hal ini salah karena tidak ada bukti tentang itu. Hal yang pasti, makanan pedas bisa membuat sakit perut dan diare.

Kelancaran Persalinan Menurun dari Ibu ke Anak
Jika ibu Anda lancer dalam persalinan, Anda pun akan demikian. Salah besar karena persalinan itu ditentukan banyak hal. Misalnya saja gaya hidup, kondisi rahim, kondisi fisik Anda, dan juga kondisi bayi.

Stres Tidak Baik untuk Bayi Anda.
Salah dan yang benar adalah stres yang berat yang membahayakan bayi Anda. Stres ringan justru akan memicu pertumbuhan dan perkembangan sel-sel saraf bayi Anda.

Itulah beberapa di antaranya mitos ibu hamil yang kebanyakan adalah salah. Pintar-pintarlah untuk mencari informasi ketika sedang hamil demi kebaikan Anda dan bayi Anda. Semoga bermanfaat.

 

 

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document