Metode Persalinan di Dalam Air

Waterbirth atau metode persalinan di dalam air mulai banyak menarik perhatian para ibu hamil. Kebanyakan para ibu hamil ingin tahu seperti apa metode persalinan yang satu ini, dan banyak yang mencari informasi tentang metode persalinan di dalam air ini. Metode ini terkenal karena banyak ibu hamil yang tertarik untuk mengetahui metode persalinan yang dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Metode melahirkan di dalam air berawal dari pemikiran bahwa bayi yang di dalam kandungan hidup di dalam air, maka untuk menyesuaikan di alam dunia, bayi juga harus dilahirkan di dalam air agar bayi nyaman karena masih merasakan sensasi di “rumahnya”.

Air yang digunakan untuk proses melahirkan di air adalah air hangat yaitu sekitar 37 celcius. Metode persalinan di dalam air memiliki banyak manfaat yaitu perasaan rileks yang dirasakan Ibu hamil karena otot-otot yang semula tegang bisa menjadi lebih elastis karena hangatnya air tadi. Metode persalinan di dalam air juga memudahkan Ibu saat mengejan, proses pembukaan jalan lahir juga berlangsung lebih cepat dan Ibu tidak terlalu merasakan rasa nyeri yang hebat.

Ternyata metode ini bermanfaat pada bayi, diantaranya mengurangi resiko cedera pada kepala bayi, peredaran darah bayi lebih lancar dengan menunjukkan kulit yang memerah sesaat pasca kelahirannya. Manfaat lain dari metode persalinan di dalam air bagi bayi adalah memungkinkan IQ bayi lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang lahir dengan cara lain.

Perlu diketahui metode ini tidak diperbolehkan untuk Ibu hamil yang menderita herpes karena kuman herpes tidak mati di dalam air dan kemungkinan menular pada bayi juga besar. Ibu hamil yang memiliki panggul kecil, mengidap penyakit berat, letak bayi sungsang dan terlalu besar juga tidak diperbolehkan melahirkan dengan metode waterbirth ini.

Metode persalinan di dalam air ada dua cara. Pertama Ibu bersalin di air murni yakni mulai dari pembukaan 6 hingga melahirkan dilakukan di dalam air. Kedua, Ibu tetap berada di air hingga masa kontraksi berakhir dan proses melahirkan dilakukan di tempat tidur. Cara kedua ini disebut cara emulsion.

Meski memiliki manfaat yang besar, metode persalinan di dalam air tetap perlu dikonsultasikan dengan dokter kandungan Anda. Menjaga kesehatan selama kehamilan sangat berarti dalam menghadapi semua proses persalinan.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document