Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak Pemalu

Memang bukanlah hal yang mudah untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak pemalu. Sifat pemalu pada anak bisa saja timbul dari pola pengasuhan keluarga yang mungkin jarang sekali melibatkan anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Sifat pemalu pada anak juga bisa saja disebabkan anak enggan mengungkapkan pendapatnya karena takut melakukan kesalahan. Namun jangan khawatir, ketahui beberapa kiat dan tips mengatasi anak pemalu berikut ini.

Kiat dan tips

Berikut ini beberapa kiat dan tips menumbuhkan rasa percaya diri pada anak pemalu sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Berpendapat. Dukung dan biarkan anak berpendapat sesuai dengan apa yang dikehendaki. Sebaiknya orangtua tidak menyela atau memotong pembicaraan ketika anak sedang mengeluarkan pendapatnya. Menyela dan memotong pembicaraan anak hanya akan membuat anak kecewa dan enggan untuk berpendapat pada kemudian hari.
  • Jangan menyalahkan. Sering ditemui orangtua yang senang menyalahkan anak atas kesalahan yang telah diperbuat anak. Ingat, anak masih dalam tahap belajar sehingga kesalahan anak sekaligus kesalahan orangtua yang belum pernah memberikan pelajaran dan pengetahuan.
  • Ikut kontes. Sesekali ajak anak mengikuti kontes atau perlombaan agar anak bisa bergaul dengan teman sebayanya. Memenangkan suatu kontes atau perlombaan bukanlah tujuan utama, mau bergabung dan berkenalan dengan teman-teman baru yang merupakan tujuan sebenarnya. Namun demikian, patut disyukuri jika anak memenangkan kontes karena dapat meningkatkan rasa percaya dirinya.
  • Berikan pujian. Berikan suatu tugas yang harus dilakukan anak agar anak memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas yang telah diberikan. Berikan pujian ketika anak telah berhasil menyelesaikan tugas yang telah diberikan kepadanya dengan penuh tanggung jawab. Memberikan pujian ketika anak berhasil menyelesaikan tugasnya secara tidak langsung juga akan memperbesar rasa percaya diri anak karena anak beranggapan memiliki kemampuan yang lebih.

Demikianlah beberapa kiat dan tips menumbuhkan rasa percaya diri pada anak pemalu yang sebaiknya perlu diketahui orangtua. Akan lebih baik apabila orangtua merubah pola pengasuhan anak ketika anak masih dalam usia golden age yang dapat menghambat anak mengembangkan kecerdasan emosional dan sosialnya. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document