Menjelaskan Status Ayah Tiri Atau Ibu Tiri Kepada Anak

Perceraian yang terjadi pada orangtua memiliki imbas pada setiap perkembangan jiwa anak. Terlebih ketika mereka harus dihadapkan pada kenyataan bahwa kedua orangtua, ayah maupun ibu harus menikah kembali pada orang lain. Mitos yang terlanjur berkembang pada masyarakat yang mengatakan bahwa ayah atau ibu tiri yang jahat sudah terbayang dibenak mereka hingga menimbulkan ketakutan yang berpengaruh pada kejiwaannya. Hal tersebut merupakan tugas orangtua bagaimana caranya menjelaskan status ayah tiri atau ibu tiri kepada anak sehingga ketakutan yang menjadi dilema mereka akan sirna.

Memperhatikan berbagai perasaan yang timbul pada diri anak adalah salah satu hal yang wajib dilakukan para orangtua yang akan melangsungkan pernikahan kedua. Senang atau sedihkah anak? Menerimakah kondisi tersebut? Setujukah mereka?.

Berikut beberapa cara yang bisa dijadikan contoh dalam menjelaskan status ayah tiri atau ibu tiri kepada anak :

  1. Yakinkan kepada anak tentang siapa orang yang sedang dekat dengan anda, kenalkan mereka dan biarkan mereka mengenalnya dengan baik. Biarkan proses pendekatan terjadi dengan sendirinya sambil lalu ayah atau ibu memberikan penjelasan yang baik dari rencana pernikahan  yang akan dilangsungkan.
  2. Hilangkan kesan pada anak bahwa ayah atau ibu tiri adalah orang yang kejam sebagaimana yang mereka dengar dan lihat dengan cara sering melakukan kegiatan secara bersamaan sehingga anak bisa melihat dan menilai seperti apa ayah atau ibu tiri mereka kelak.
  3. Bantu melakukan adaptasi antara ayah atau ibu tiri dan anak, sehingga anak dengan mudah mengenal dengan baik siapa pasangan anda.
  4. Perhatikan perasaan yang timbul pada anak ketika proses adaptasi telah terjadi. Sebaik mungkin kita mampu menyikangkapi sikap yang timbul dari anak dengan kedewasaan yang matang.
  5. Tunjukan hal baik pada anak perihal pasangan anda. Lakukan dengan cara memperlihatkan perilaku yang baik dan menyenangkan hingga anak merubah pandangan buruk tentang ayah atau ibu tiri.

Ketika anda telah melakukan sebagian besar dari langkah menjelaskan status ayah tiri atau ibu tiri kepada anak tersebut diatas, dengan begitu anda telah mempermudah jalan anda menuju kebahagiaan dengan pasangan baru. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document