Menjaga Kesehatan Anak Saat Bepergian ke Luar Negeri

Apakah Anda berniat membawa anak Anda yang masih kecil ke luar negeri? Jika ya, pastikan Anda menjaga kesehatan anak dengan baik termasuk mengantisipasi jika ada resiko penularan penyakit, epidemi atau penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri dari penyebab luar seperti lingkungan dan makanan. Kesehatan anak, terutama yang masih sangat kecil, lebih rentan daripada orang dewasa sehingga persiapan Anda pun harus mantap.

Vaksin untuk Kesehatan Anak

Anak Anda mungkin sudah divaksinasi dengan lengkap ketika masih bayi, namun Anda juga harus memeriksa tingkat resiko tempat-tempat yang Anda kunjungi. Contohnya, jika ingin berkunjung ke negara-negara di Amerika Tengah, Anda mungkin mau memberi si anak vaksin malaria, terutama jika Anda berencana untuk menjelajahi daerah pedesaan atau dataran rendah. Atau, jika Anda berencana melakukan perjalanan ke alam liar dan ada kemungkinan bertemu hewan liar, beri vaksin rabies atau tanyakan soal alternatif lain pada dokter si kecil.

Perjalanan ke negara-negara Amerika Tengah, Selatan dan Afrika Barat serta Selatan juga mengharuskan Anda dan si kecil menerima vaksin hepatitis A dan B, campak dan tetanus, terutama jika perjalanan melibatkan kunjungan ke pedesaan. Sebagai tambahan, jangan lupa membawa krim anti serangga; pilih yang formulanya cocok untuk si kecil.

Cara Lain Menjaga Kesehatan Anak

Setelah urusan vaksin beres, ada baiknya Anda juga menyiapkan langkah pencegahan sebagai berikut:

  • Jika ingin minum, sebaiknya beli air botolan. Kecuali Anda berkunjung ke kota atau negara yang memiliki sistem air PAM bagus, jangan minum dari air keran atau memberi air keran pada anak Anda. Malah, jika anak Anda masih sangat kecil, lebih baik belikan ia air botolan.
  • Berhati-hatilah saat hendak memberi susu kotak pada anak; tiap negara memiliki merk susu produksi masing-masing, dan siapa tahu saja anak Anda tidak tahan dengan produk susu tersebut. Belilah susu kotak hanya jika merk yang Anda kenal juga dijual (toko waralaba 24 jam atau supermarket bisa menjadi tempat belanja yang cukup aman).
  • Pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun setiap sebelum makan, sesudah dari toilet atau setelah sampai di kamar hotel sekembalinya dari perjalanan panjang. Ajari anak Anda untuk melakukannya juga. pastikan mencuci tangan paling tidak 10 detik dengan menggosok semua jari, kuku dan telapak tangan sampai pergelangan.
  • Jangan sembarangan mendekati dan menyentuh hewan liar seperti kucing, anjing, monyet, tupai dan sebagainya.
  • Selalu bawa obat-obatan dasar seperti obat demam, salep dan obat flu, dan bawa krim pelindung sinar matahari untuk si kecil juga.

Dengan selalu menjaga kesehatan anak, Anda akan bisa lebih menikmati liburan ke luar negeri bersama keluarga.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document